Gaya Hidup, galuh.id- Rasa jenuh pasti selalu datang menghinggapi perasaan seseorang yang semula memiliki banyak aktivitas ketika bekerja, kemudian tiba-tiba menganggur. Hari-hari terasa sangat berbeda. Rutinitas menjadi berubah total. Namun ada cara usir jenuh yang bisa dipraktikan ketika sedang menganggur.

Ketika bangun tidur di pagi hari, biasanya langsung bergegas mandi dan menyiapkan diri untuk pergi ke tempat bekerja, kini menjadi sesuatu yang aneh, ketika mandi terlalu pagi kemudian setelah itu bingung akan mengerjakan apa. Sarapan sudah, mandi sudah, berganti baju sudah, sekarang apa yang akan dilakukan?

Duduk menonton televisi atau malah kembali ke tempat tidur tanpa aktivitas yang membuahkan hasil? Ini bukan pilihan yang tepat. Kegiatan yang seperti itu hanya akan membuat kita semakin jenuh dan merasakan kebosanan dalam hidup. Akibatnya nanti, perasaan-perasaan negatif lain akan muncul di dalam diri kita. Seperti halnya, perasaan minder, merasa tidak berguna, dan pikiran-pikiran buruk lain. Lebih berbahaya lagi, berakibat defresi pada sebagian orang yang terlalu lama menganggur.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan ketika terpaksa harus menganggur? Sambil terus berusaha kembali mencari pekerjaan, memasukkan lamaran-lamaran dan menunggu panggilan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan saat menganggur. Yuk, simak caranya.

1. Pergi ke luar dan berjalan-jalan di sekeliling komplek

Pada sebagian orang, terutama bagi seorang pria kepala keluarga, menganggur adalah hal yang memalukan. Merasa malu saat berada di rumah dan ketahuan tidak bekerja. Padahal, terlihat berada terus di rumah bukanlah sesuatu yang buruk. Sebab, zaman sekarang orang bekerja tidak lagi melulu soal berangkat pagi dan kembali malam hari. Duduk di sebuah ruangan, mengerjakan sesuatu yang diperintahkan atasan, atau mengabdi pada sebuah lembaga, lalu baru kembali ke rumah setelah delapan jam bekerja.

Karena itu, cara usir jenuh selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan, nikmati suasana komplek perumahan. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk sekadar menyapa para tetangga. Bertegur sapa dengan mereka akan menjadikan kita lebih senang dan bahagia.

2. Menyibukkan Diri

Ketika bekerja, kita memiliki setumpuk tugas yang harus segera diselesaikan. Akibatnya tubuh dan pikiran kita terus menerus bergerak dan bekerja. Sedangkan ketika menganggur, tidak ada yang menuntut kita untuk mengerjakan sesuatu. Gerak tubuh pun menjadi berkurang. Setiap hari tidak memiliki agenda yang jelas.

Mulailah menyibukkan diri. Mulai dari bangun pagi hingga kita tertidur lagi, usahakan untuk tetap beraktivitas. Banyak hal yang bisa dikerjakan di rumah. Mulai dari bersih-bersih kamar, menata ulang rak buku, menata ulang letak perabotan, mengurus tanaman, mencuci motor dan mobil, dan lain sebaginya. 

3. Berolahraga

Hanya duduk diam di depan televisi, ngemil, hingga tanpa sengaja tertidur karena tidak ada aktivitas, akan membuat tubuh kita minim gerak. Akibatnya akan memicu obesitas. Berolahragalah untuk menghilangkan kejenuhan. Olahraga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. 

4. Menjalani Hobi

Cara usir jenuh selanjutnya adalah menekuni kembali hobi. Karena Setelah sekian lama disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, tidak ada salahnya kita menekuni kembali hobi yang sudah lama ditinggalkan. Nikmati hobi dengan sungguh-sungguh. Hal ini akan membuat kita merasa senang dan bahagia. Lupakan semua kepenatan yang menghantui hati dan mengganggu di kepala. Tidak menutup kemungkinan jika hobi yang kita jalani justru dapat mendatangkan penghasilan.

5. Mengunjungi sanak saudara dan sahabat

Bersilaturahmi bisa memperpanjang usia dan mendatangkan rejeki. Maka, jangan pernah menyepelekan kesempatan untuk bersilaturahmi kepada sanak saudara bahkan sahabat dekat yang selama sibuk bekerja tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Kunjungi dan temui mereka kembali. Selain itu, dengan memperbanyak silaturahmi, siapa tahu dapat kabar baik tentang link lowongan pekerjaan yang bisa membuat kita lebih mudah menemukan pekerjaan kembali.

6. Traveling

Nah, yang satu ini adalah salah satu hal yang dipercaya sangat efektif sebagai cara usir jenuh saat menganggur. Lakukan traveling ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Travelling dengan gaya backpacker, bisa menjadi pilihan tepat untuk mengusir penat dalah keadaan dompet tipis selagi menganggur.

7. Berbagi cerita dengan orang yang dipercaya

Menjadi pengangguran memang memiliki beban tersendiri. Ceritakan hal tersebut kepada orang-orang yang bisa dipercaya. Dengarkan nasihat mereka dan jadikan penyemangat dalam keseharianmu. Jangan sampai kita kehilangan semangat dan rasa percaya diri karena terlalu lama mengangggur.

8. Bekerja paruh waktu untuk tetap berpenghasilan

Ini adalah cara yang banyak dilakukan orang untuk mengisi kekosongan saat menganggur. Hidup tetap berjalan, dan kebutuhan tidak bisa dikendalaikan. Kita tidak bisa terus diam, walaupun masih memiliki banyak tabungan untuk biaya hidup. Berusahalah tetap berikhtiar dan produktif. Jangan terlalu berambisi untuk memiliki penghasilan tetap. Namun tetaplah berpenghasilan.  

9. Bekerja sosial

Melakukan kerja sosial, bermanfaat untk mengisi waktu luang ketika tidak bekerja

Melakukan pekerjaan yang bersifat sosial akan memberikan ketenangan tersendiri di dalam hati. Setelah begitu lama sibuk bekerja untuk kesejahteraan pribadi dan kelaurga, saatnya mencoba untuk melakukan hal-hal yang bersifat sukarela. Membantu banyak orang yang membutuhkan, akan mengasah kepekaan kita terhadap kehidupan sosial. Berbagi dan membantu kesulitan orang lain akan membuat kejenuhan karena menganggur hilang seketika. Walaupun tidak terbayar dengan materi, tetapi membuahkan ketenangan hati.

10. Berinteraksi dengan orang-orang yang selalu optimis

Menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang berpikiran positif dan optimis bisa menghilangkan kejenuhan saat menganggur

Saat menganggur, hindarilah orang-orang yang senantiasa berpikiran negatif, yang hanya akan memperburuk perasaan. Mendekat dan bergaulah dengan mereka yang selalu optimis dan berpandangan jauh ke depan. Menganggur bukanlah sebuah musibah besar. Itu hanyalah sebuah jeda yang harus dinikmati dan diambil hikmahnya. Kita tidak pernah tahu, ketika kita di-PHK oleh perusahaan tempat kita bekerja, bisa jadi itu adalah sinyal untuk kita agar terus memperbaiki diri. Kemudian mendapatkan tempat dan penghasilan yang lebih menjanjikan di tempat baru suatu saat nanti.

Itulah 10 cara usir jenuh saat menganggur. Tetap semangat dan teruslah berusaha mendapatkan posisi impian. Semoga bermanfaat. (galuh.id/Diantika)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini