Rabu, 28 Juli 2021
Rabu, 28 Juli 2021
BJB

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

spot_img

Berita Olahraga, galuh.id – Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada 19 Juli di Jerez, Spanyol.

Sejatinya, gelaran MotoGP ini akan berlangsung sejak bulan Maret lalu. Munculnya pandemi Covid-19 membuat balapan ini harus tertunda empat bulan.

Akhirnya, tim dan pembalap harus melewatkan balapan di seri perdana itu yang akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada 15 Maret lalu.

Berbeda dengan balapan Moto2 dan Moto3 yang sempat melakoni seri perdananya di Sirkuit tersebut, sebelum negeri jazirah Arab itu menerapkan lock down.

Selepas di era normal, kejuaraan balapan motor ber-cc besar ini banyak menyedot animo penonton dan akan segera kembali untuk menyapa para penggemarnya.

Para fan ini tentunya merindukan pembalap yang telah menjadi favoritnya seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, ataupun Andrea Dovizioso.

Untuk memuaskan dahaga tersebut, akhirnya pihak Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP akan kembali menggelar hajatannya itu.

Bahkan pihaknya telah banyak berkoordinasi dengan beberapa pihak, untuk kembali mengelar balapan tahun ini.

Jadwal MotoGP 2020 Akan Digelar Tanpa Penonton

Seperti dilansir Galuh ID dari laman resmi MotoGP, Senin (13/7), untuk jadwal MotoGP 2020 ini sendiri akan dihelat di sirkuit-sirkuit yang ada di Eropa.

Tapi tidak menutup kemungkinan akan digelar di luar Eropa, pihak Dorna akan mengabarkan terkait hal tersebut pada akhir Juli nanti.

Akan tetapi gelaran balapan MotoGP ini akan mengikuti penerapan prosedur kesehatan ketat yang berlaku, terkait pandemi virus corona.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, nantinya setiap kru tim yang terlibat akan menjalani tes dan semacam isolasi di sirkuit.

Selain itu keluar masuknya pihak lain ke sirkuit pun sebisa mungkin akan diatur, dengan mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Sayangnya pada seri-seri awal balapan akan digelar tanpa penonton. Namun bisa saja inilah kenormalan baru yang diberikan MotoGP ke penggemarnya.

Sama seperti di cabang sepak bola, kita akan menyaksikan layout sirkuit pada sisi tribun harus tanpa penonton.

Namun pihak penyelenggara mengatakan, tak tertutup kemungkinan menghelat balapan dengan adanya kehadiran penonton di Sirkuit.

Tapi untuk bisa kembali menghadirkan penonton ada syarat tertentu yang harus dipatuhi selain protokoler kesehatan. Hal itu yakni ada persetujuan dari pemerintah negara tuan rumah.

MotoGP 2020 Bergulir dari Juli Hingga Desember

MotoGP telah meliris 13 seri balapan. Mereka juga akan mengadopsi skenario menggelar dua balapan di sirkuit yang sama dalam dua pekan beruntun.

Pada balapan perdana ini, Sirkuit Jerez-Angel Nieto di Spanyol akan menggelar dua seri secara beruntun pada 19 dan 26 Juli.

Kemudian selanjutnya akan bergeser ke Sirkuit Brno, yang berada di Republik Ceko pada 9 Agustus.

Lalu pada pertengahan Agustus. Dua balapan beruntun kembali digelar kali ini di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria pada 16 dan 23 Agustus.

Sirkuit Misano di San Marino juga akan kebagian menjadi tuan rumah dua balapan pada 13 dan 20 September.

Setelah dari San Marino. Para raider akan kembali mengaspal dengan satu balapan di Catalunya, Spanyol (27/9), dan Le Mans di Prancis (11/10).

Selepas dari Perancis tim dan para pebalap akan kembali menuju ke Spanyol. Hal itu untuk dua balapan di seri Aragon 18 dan 25 Oktober.

Jadwal MotoGP 2020 akan kembali dilanjutkan di negeri Matador Spanyol dengan dua balapan pada seri Valencia pada 8 dan 15 November.

Sisa Jadwal MotoGP Akan Dirilis Akhir Juli

Seperti pada uraian jadwal MotoGP 2020, Dorna telah merilis 13 balapan agar bisa memenuhi syarat dari FIM (federasi motor dunia) sebagai kejuaraan dunia.

Selanjutnya para penggemar kemungkinan bisa menyaksikan seluruh seri balapan yang total jumlahnya 17 seri seperti pada musim-musim balapan sebelumnya.

Sisa empat seri balapan, kemungkinan berpotensi digelar di luar Eropa antara 22 November – 13 Desember.

Sisa jadwal MotoGP 2020 tersebut akan digelar di Argentina, Amerika Serikat, Thailand dan Malaysia itu masih menunggu konfirmasi paling lambat 31 Juli nanti. (GaluhID/Dhi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan