Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

Jalan Tol di Ciamis Melewati 2.400 Lahan, Jaraknya 33 KM

Berita Ciamis, galuh.id – Pembangunan jalan tol di Ciamis akan menggunakan 2.400 bidang pemilik tanah yang akan terpakai untuk pembangunan jalan tol.

Banyaknya lahan yang terpakai disampaikan oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, saat mengikuti sosialisasi pembangunan jalan tol, Kamis (23/7/2020).

“Ini baru tahap sosialisasi tentang rencana pembuatan jalan tol, ada 2.400 bidang pemilik tanah yang terpakai pembangunan jalan tol,” jelasnya.

Baca Juga: Rencana Pembuatan Jalan Tol di Ciamis, Melintasi 4 Kecamatan

Pada sosialisasi yang bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis, dihadiri juga oleh 4 Camat, 22 Kepala Desa dan 1 Lurah.

Banyaknya bidang pemilik tanah, karena jarak jalan tol yang akan melintasi Ciamis memiliki jarak sepanjang 33 kilometer.

Jalur yang dilalalui oleh jalan tol yang menghubungkan Gedebage-Tasikmalaya-Pangandaran akan melintasi 4 kecamatan di Ciamis.

Kecamatan yang wilayahnya akan terlintasi jalan tol yaitu Kecamatan Ciamis, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Cidolog.

Dan desa yang akan dilalui oleh jalan tol tersebut sebanyak 22 desa dan 1 kelurahan dengan 2 pintu keluar masuk.

Untuk pembangunan jalan tol yang melintasi Ciamis tersebut  memasuki tahap ke 2 setelah tahap 1 antara Gedebage-Tasikmalaya selesai.

Pembangunan Jalan Tol di Ciamis Mulai Tahun 2022

Terdapat informasi yang beredar jalan tol akan melewati daerah utara Ciamis, Herdiat memastikan jalan tol akan melewati jalur selatan Ciamis.

Menurut Herdiat pembangunan jalan tol Ciamis akan mulai pada Tahun 2022, sehingga persiapan serta sosialisasi sudah mulai dilaksanakan.

Terutama menurut Herdiat, tentang pembebasan lahan milik masyarakat yang akan dipakai untuk jalan tol tidak menghadapi kendala.

Untuk melancarkan proses tersebut, Kepala Desa dan lurah yang wilayahnya dilalui harus mulai melakukan sosialisasi pada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Pembebasan lahan milik masyarakat akan mulai dilakukan pada Tahun 2021, selanjutnya pembangunan mulai dilaksanakan pada Tahun 2022.

Dengan melintasnya jalan tol Gedebage Tasikmalaya Pangandaran tersebut, Herdiat berharap terdapat perubahan lebih baik untuk Ciamis.

“Semoga pembangunan jalan tol Ciamis lancar, dan membawa perubahan yang lebih baik untuk Ciamis,” pungkasnya (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan