Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Jelang Idul Fitri Pergerakan Masyarakat Naik, Pengawasan di Jawa Barat Ditingkatkan

Berita Jabar, galuh.id – Jelang Idul Fitri pergerakan masyarakat cenderung naik, sehingga pengawasan dari pihak terkait harus ditingkatkan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melihat kondisi pergerakan masyarakat yang cenderung meningkat, maka harus diambil langkah tegas serta cepat.

Caranya dengan memperketat pengawasan dengan meningkatkan pengawasan pada titik-titik penyekatan yang menyebar di Jawa Barat, guna mencegah Covid-19.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, peningkatan tersebut nampak pada jalur-jalur non arteri.

Sehingga pihak Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat akan melakukan intensifikasi pengawasan sebagai pelaksanaan pada larangan mudik lebaran.

“Kami harus melakukan intensifikasi serta melakukan kesiapan ulang, terkait dengan titik-titik penyekatan tambahan, serta antisipasi arus mudik,” jelas, Rabu (22/5/2020).

Peningkatan pergerakan masyarakat tersebut terjadi di Gerbang Tol Pasteur, sebanyak 8.809 kendaraan melintas pada Minggu (17/5/2020).

Jumlah kendaraan melonjak dua kali lipat pada Senin sebanyak 16.328 kendaraan, Selasa 16.088 dan Rabu 18.273 kendaraan.

Hery mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar kota maupun daerah, ini dilakukan sebagai upaya membatasi sebaran Covid-19.

“Warga Jawa Barat agar tetap di rumah serta melakukan silaturahmi dengan jarak jauh menggunakan aplikasi,” imbau Hery.

Ketua Divisi Pengamanan dan Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Dedi Supandi menyampaikan Jawa Barat sebagai jalur lintasan.

Sehingga menurt Dedi, Jawa Barat harus mempersiapkan segala sesuatunya diantaranya pengamanan secara komprehensif, termasuk cara mengatasi pemudik.

Kemudian tambah Dedi, bagaimana dengan pemudik yang tertahan di Jawa Barat, itu harus terdapat pengamanan.

Desa-desa Harus Memperketat Pengawasan

Jelang Idul Fitri Jalur-jalur provinsi harus lebih ketat, namun di desa-desa pun harus intensifikasi pengawasannya bukan hanya fokus di perbatasan saja.

Maka semua perangkat desa dan relawan di desa-desa diharapkan bahu membahu guna menahan atau mengatisipasi penyebaran Covid-19.

“Satuan Tugas Desa Tanggap Covid-19 memiliki tiga tugas utama, diantaranya memperketat pengawasan pada warga yang masuk ke daerahnya,” jelas Dedi.

Dedi yang juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar, mengajak para aparatur desa untuk terus berjuang bersama. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

SE Mendagri Picu Gesekan Masyarakat, 583 Desa di Jabar Gagal Gelar Pilkades

Berita Jabar, galuh.id - Surat edaran (SE) Mendagri tentang penundaan Pilkades menimbulkan pertentangan. Sudah berjalannya tahapan penyelenggaraan dinilai dapat memicu gesekan dari...

HUT RI dan Jabar Tak Gelar Kegiatan yang Berpotensi Kumpulkan Massa

Berita Jabar, galuh.id - Memperingati HUT RI dan Jabar ke-75, pemprov Jabar tidak menggelar kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa. Peringatan HUT Republik...

Jabar Kendalikan Kasus Covid-19 Tempati Urutan Kelima di Indonesia

Berita Jabar, galuh.id - Provinsi Jabar berhasil kendalikan kasus Covid-19. Bahkan, Jawa Barat saat ini berhasil menempati urutan kelima dari 34 provinsi...

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Sinopsis Film Annabelle, Boneka Pembawa Malapetaka

Sinopsis film Annabelle terinspirasi dari boneka nyata yang diyakini berhantu. Film Annabelle merupakan bagian dari waralaba film The Conjuring, yang sama-sama menampilkan...

Harga Redmi 9A Hanya 1 Jutaan, Spesifikasi Unggul

Harga Redmi 9A menjadi salah satu pertanyaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki HP terbaru dari Xiaomi ini. HP Xiaomi Redmi 9A...

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...