oleh

Kader Demokrat Jadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Ciamis 

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis menggelar pemilihan Ketua Badan Kehormatan DPRD Ciamis, Selasa (21/4). Kader Partai Demokrat Nur Muttaqin terpilih secara aklamasi.

Menurut Wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail, Anggota DPRD Ciamis yang mendaftar Calon Ketua BK sebanyak enam orang. Ketua ditentukan dengan cara musyawarah dan mufakat.

“Detik akhir pemilihan, calon dari Gerindra mundur. Sehingga Nur Muttaqin terpilih secara aklamasi,” kata Sopwan.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Ciamis dipegang oleh Dzul Fykar Maulana, dari Fraksi Golkar.

Mengemban Amanah dengan Baik

Sementara itu, Nur Muttaqin berharap dirinya dapat mengemban amanah dengan baik. Serta mampu menjalankan BK sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Semoga bisa mengemban amanah menjalankan sesuai dgn tugas dan fungsi BK,” katanya.

Sementara Panitia Pemilihan Ketua BK DPRD Ciamis Awan Setiawan menjelaskan, proses pemilihan BK DPRD Ciamis itu dimulai 1 April 2020. Pendaftaran Calon Ketua BK dimulai tanggal 5-8 April 2020.

“Yang berhak menyalinkan itu adalah perwakilan dari fraksi. Tapi tidak wajib. Hanya dapat mengusulkan. Yang tidak mengusulkan itu hanya fraksi PPP. Semuanya tujuh Calon Ketua BK,” kata Awan.

Pada tanggal 16 April 2020 Fraksi PKB mengusulkan untuk mengundurkan diri dari pencalonan. Pihak panitia mengubah surat suara lantaran calon menjadi enam orang.

“Lalu, sesuai dengan keputusan badan musyawarah (Banmus) DPRD Ciamis rapat paripurna digelar tanggal 21 April 2020. Dengan keputusan jumlah calon sebanyak enam orang,” imbuhnya.

Dia mengatakan, di tengah-tengah pemilihan BK DPRD Ciamis 21 April 2020 satu calon dari Fraksi Gerindra juga mengundurkan diri dari pencalonan. Dengan mundurnya Gerindra jumlah calon jadi lima orang.

“Berdasarkan Tata Tertib DPRD Ciamis, apabila calon hanya lima orang maka dilaksanakan musyawarah mufakat. Maka tadi tidak terjadi pemilihan langsung, hanya musyawarah mufakat,” ujarnya.

Dari lima orang calon ini sepakat Nur Muttaqin, dari Fraksi Demokrat, memimpin BK DPRD Ciamis masa bakti 2019-2024. Dengan wakilnya dari Fraksi Golkar yakni Dzul Fykar Maulana.

“Jadi Anggota BK DPRD Ciamis masa bakti 2019 2024 yaitu, Nur Muttaqin sebagai ketua, wakilnya Dzul Fykar dari Golkar. Sementara anggotanya itu Didi Suryadi dari PKS, Kusnandang dari PAN Plus, Ruswa Sudisman dari PDIP,” ucapnya. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA