oleh

Kaleidoskop PSGC Ciamis Musim 2019: Emosional!

Hubungi
 
 

Kaleidoskop PSGC Ciamis Musim 2019

Berita PSGC, galuh.id – Musim 2019 dinilai menjadi musim paling emosional untuk keluarga besar PSGC Ciamis, khususnya suporter (Balad Galuh & Galuh Curva Sud). Selain gagal meraih target bertahan di Liga 2, Laskar Galuh malah harus terdegradasi kembali ke Liga 3.

Loading...

Pasalnya tahun 2019 ini PSGC berhasil kembali tampil di Liga 2 usai mendapatkan promosi dari kompetisi Liga 3 musim 2018 dengan meraih hasil terbaik sebagai salah satu dari 6 tim yang naik kasta.

Peristiwa dan momen penting PSGC sudah terekam oleh tim GaluhID. Untuk sekedar mengingat kembali perjuangan Laskar Galuh selama tahun 2019, berikut kami sajikan kaleidoskop PSGC Ciamis musim 2019 secara singkat.

Januari

Awal tahun, PSGC belum melakukan persiapan apa pun jelang kompetisi, yang ada hanyalah isu-isu tentang akan merapatnya salah satu pemain bintang sepakbola Indonesia yaitu Christian “El Loco” Gonzales yang kemudian hanya menjadi isapan jempol saja.

20 Januari: PSSI menggelar kongres tahunan di Bali, perwakilan PSGC hadir dalam acara tersebut sebagai voter.

26 Januari: Panpel PSGC Ciamis melakukan study banding ke Semarang perihal teknis menggelar pertandingan, salah satunya terkait tiket pertandingan barcode.

28 Januari: Askab PSSI Kabupaten Ciamis menggelar kongres pemilihan ketua umum dan anggota Exco. Heri Rafni Kotari terpilih kembali menjadi ketua umum Askab PSSI Ciamis.

Februari

1 Februari: Melalui akun pribadinya owner MBB Apparel menyatakan akan bekerjasama dengan PSGC Ciamis musim 2019 dalam kompetisi Liga 2. MBB Apparel menyuplai kebutuhan terkait jersey.

16 Februari: Djoko Driyono (PLT Ketum PSSI), ditetapkan sebagai tersangka terkait pengrusakan barang bukti pengaturan skor di Liga Sepakbola Indonesia.

18 Februari: Exco PSSI menggelar rapatnya terkait rencana kegiatan di tahun 2019. Salah satunya yaitu penentuan jadwal kompetisi Liga 2 yang akan berlangsung bulan Juni-November.

Maret

16 Maret: Komunitas suporter PSGC Ciamis, Balad Galuh, mengadakan acara anniversary Balad Galuh yang ke-8. Bupati Ciamis H.Herdiat sekaligus sebagai pembina PSGC hadir dan memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya tersebut, dia mengungkapkan akan sesegera mungkin menyiapkan tim PSGC untuk musim kompetisi Liga 2 2019.

Baca Juga: PSGC Ciamis, Ujian Pertama Kepemimpinan Herdiat Sunarya sebagai Bupati Ciamis

26 Maret: Sebuah media online ternama mengungkapkan bahwa, Herri Setiawan, mantan asisten pelatih Persib Bandung akan membesut PSGC Ciamis namun hal ini baru sekedar pembicaraan dengan pihak manajemen klub.

April

7 April: PSGC Ciamis mengelar latihan tanding perdananya ke daerah kecamatan Lakbok dengan bermaterikan skuat pemain lokal Ciamis.

18 April: PSGC Ciamis kembali mengelar latihan secara resmi disertai uji tanding di Stadion Galuh, dengan materi pemain lokal Ciamis dan ditangani pula oleh pelatih lokal Ciamis.

27 April: PSGC Ciamis menggelar latihan malam dan kedatangan eks pemainnya di musim 2014 lalu yakni Emile Linkers, pada latihan ini pula dihadiri oleh Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya.

Mei

8 Mei : PT LIB selaku operator liga yang menaungi Liga 1 dan Liga 2 berkirim surat elektronik kepada tim-tim peserta Liga 2 perihal penentuan tanggal berlangsungnya kompetisi Liga 2 2019.

11 Mei: Ketum Askab PSSI Ciamis, Heri Rafni Kotari sekaligus sebagai Direktur Teknik PSGC mengungkapkan kepada media bahwa eks asisten pelatih Persib Bandung, Herri Setiawan, akan menangani PSGC Ciamis musim 2019 di kompetisi Liga 2.

13 Mei: PSGC Ciamis menggelar seleksi pemain untuk kompetisi Liga 2 2019, para pemain tersebut yang hadir merupakan eks pemain sebelumnya, pemain lokal Ciamis dan beberapa pemain yang sudah malang melintang diundang untuk mengikuti seleksi tersebut.

15 Mei: Pelatih anyar PSGC Ciamis yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, Herri Setiawan langsung memantau seleksi pemain dan latihan skuat PSGC Ciamis yang secara kebetulan mengadakan latihan malam.

18 Mei: PSGC Ciamis mengadakan uji coba perdananya melawan Persekabtas Tasikmalaya dengan materi pemain seleksi, sekaligus sebagai bahan pertimbangan kelayakan para pemain seleksi.

23 Mei: PSGC Ciamis kedatangan pemain seleksi baru yakni Zulvin Zamrun dan langsung mengikuti sesi latihan.

27 Mei: Pemain Naturalisasi Bio Paulin hadir di stadion Galuh Ciamis bersama Heri Rafni Kotari dan membubuhkan tanda tangannya untuk bergabung dengan PSGC Ciamis.

Juni

1 Juni: Sebelum libur lebaran Idul Fitri, PSGC Melakoni latihan tanding di Kuningan menghadapi Al Jabbar FC dengan skor akhir 3-7 untuk kemenangan Laskar Galuh, latihan ini pun menjadi penilaian akhir untuk para pemain seleksi.

10 Juni: PSGC Ciamis menggelar latihan usai libur lebaran dengan berkekuatan 23 pemain hasil seleksi terdahulu ditambah bergabungnya bek naturalisasi Bio Paulin.

23 Juni: PSGC Ciamis musim 2019 memulai kompetisi Liga 2 dengan menghadapi Persita Tangerang. Bermain di kandang sendiri, PSGC harus takluk 0-1 dari tim tamu lewat gol yang dicetak saat menit-menit akhir pertandingan.

27 Juni: Laga kedua PSGC melawan Blitar Bandung United harus ditunda, karena tidak mendapatkan izin kepolisian terkait kondusifitas pasalnya berdekatan dengan keputusan MK terkait hasil pemilu presiden.

Juli

Di bulan Juli ini PSGC Ciamis melakoni 6 pertandingan Liga 2, empat laga tandang dan dua laga kandang dengan hanya mengantongi 1 kemenangan saat menjamu PSPS Riau dengan skor 3-1.

Untuk lima pertandingan lainnya harus berakhir dengan kekalahan saat kontra Sriwijaya FC, Babel United, Perserang Serang, Cilegon United, dan Persiraja Banda Aceh

Pada bulan ini pula tepatnya pada tanggal 24 Juli, Herrie Setiawan mengundurkan diri dari kursi pelatih PSGC Ciamis usai menelan kekalahan 6 kali secara beruntun.

Agustus

Enam pertandingan harus dilakoni PSGC Ciamis bulan Agustus, tiga laga kandang (Persibat, PSCS, Blitar Bandung United) dan tiga laga tandang (PSMS, Persita, Blitar Bandung United), hasilnya hanya dapat meraih 4 poin dari satu kemenangan (kontra Blitar Bandung United 1-0) dan sekali seri (PSCS 2-2).

Di bulan ini pun PSGC merombak skuat dengan mencoret 8 pemain dan merekrut 10 pemain baru pada bursa transfer pertengahan musim.

Perekrutan besar-besaran ini diharapkan agar dapat mengangkat PSGC Ciamis dari posisi papan bawah klasemen.

September

5 laga dari 6 laga yang harusnya dijalani PSGC Ciamis musim 2019 di bulan September ini, satu laga melawan PSPS Riau di penghujung bulan harus ditunda.

Penundaan terjadi lantaran kebakaran hutan yang menimbulkan polusi udara asap yang tidak baik bagi kesehatan.

Namun 5 laga yang dilakoni Laskar Galuh berhasil dijalani dengan mengemas 3 kemenangan (kontra Babel United, Cilegon United dan Perserang) dan dua kekalahan (Sriwijaya FC dan Persiraja).

Oktober

4 laga harus dilakoni oleh PSGC Ciamis salah satunya laga tunda kontra PSPS Riau yang gagal digelar bulan sebelumnya, hasil laga di bulan ini sekaligus sebagai penentuan apakah terdegradasi atau tidak

Hasilnya PSGC tak mampu keluar dari zona degradasi karena hanya berhasil mengumpulkan 19 poin dari 22 pertandingan di babak penyisihan wilayah.

Dari 4 laga tersebut PSGC hanya mampu meraup 3 poin dari hasil kemenangan atas PSMS Medan sedangkan 3 laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Babak penyisihan wilayah Liga 2 purna di bulan Oktober ini, dan PSGC Ciamis bersama Persibat Batang dan Blitar Bandung United terdegradasi ke Liga 3 dari Wilayah Barat.

November

2 November: Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

23 November: Klub satelit PSGC Ciamis, Galuh FC melaju ke babak final kompetisi Liga 3 Jawa Barat Serie 2, sayangnya mereka kalah oleh Bareti 1698 FC Subang dengan skor 2-0.

Meskipun kalah skuat Laskar Nagawiru julukan Galuh FC mendapatkan promosi ke Liga 3 Jawa Barat serie 1 musim 2020.

25 November: Kompetisi Liga 2 berakhir, Persik Kediri berhasil merengkuh juara Liga 2 2019 setelah dibabak final menghempaskan Persita Tangerang dengan skor 3-2.

Persik Kediri, Persita Tangerang dan Persiraja berhasil promosi ke Liga 1 musim 2020.

Desember

11 Desember: Timnas Indonesia gagal meraih medali emas Sea Games 2019 Filipina usai dikalahkan Vietnam dibabak final dengan skor 3-0, dan harus puas dengan medali perak.

21 Desember: Eks PSGC berkumpul di stadion Galuh untuk mengikuti sebuah trofeo fun football bersama PS Pemda Ciamis dan West City Solo.

Sekian rangkuman perjalanan PSGC selama tahun 2019. Kaleidoskop PSGC Ciamis musim 2019 semoga jadi cermin untuk tahun 2020. Ke depan semoga PSGC dapat lebih berprestasi lagi dan membanggakan nama Ciamis. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA