Rabu, 14 April 2021
Rabu, 14 April 2021
BJB

Kawal Dana Desa, Bupati Ciamis Didesak Bentuk TKPKP

Ciamis, galuh.id – Ketua Umum Peci Desa, Dhika Hardhika meminta Pemerintah kabupaten Ciamis segera membentuk Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Pedesaan (TKPKP) sesuai amanat Permendesa No 5 Tahun 2016.

Menurut Dhika, tidak adanya TKPKP sangat berbahaya bagi program pembangunan yang dicanangkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

“Sampai kapanpun tidak akan pernah sinergi antara program dinas atau badan selama amanat Permendesa No 5/2016 ini belum dilaksanakan,” ujar Dhika dalam siaran pressnya.

Dengan adanya TKPKP, kata Dhika, akan membantu pemerintahan desa dalam menyinergikan program pembangunan dengan pemerintah kabupaten. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan maupaun evaluasi.

“Tidak akan sinergi jika dinas atau badan tidak memiliki program yang berkaitan dengan desa, padahal mayoritas objek pembangunan ada di Desa, selain kelurahan” ujarnya.

Dika mencontohkan, eforia pembangunan infrastruktur jalan perlu sinergis dengan program Dinas Bina Marga? Begitupun dengan program industri dan ekonomi desa apakah sudah sinergi dengan Dinas Perindustrian dan UKM.

“Di sinilah pentingnya TKPKP, apakah dengan triliunan dana desa sudah mengurangi jumlah pengangguran dan urbanisasi yang begitu tinggi di Ciamis,” tegasnya.

Pihaknya berharap Bupati Ciamis benar-benar cermat mengevaluasi program bawahannya selama ini, baik yang sudah dilakukan berkaitan dengan desa, maupun perencanaan di masa yang akan datang.

“Jangan sampai Kepala Desa ke Timur, eh Bupatinya ke Barat. Akibatnya visi Bupati Ciamis hanya judul semata tanpa isi” ujarnya.

Dhika menegaskan, tidak boleh ada Egosentris antar dinas. Dikha menyebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) jangan sampai jadi bulan-bulanan kecemburuan dinas lain, akibat besarnya anggaran yang dikucurkan ke DPMD. Karena DPMD, kata dia, sifatnya administratif. Sedangkan program pembangunan dan pemberdayaan desa harus sinergi dengan program dinas terkait.

“Sudah saatnya terjalin sinergitas antar dinas-dinas dengan DPMD. Jika program Bupati Ciamis ingin berhasil sampai 2024, ” pungkasnya. (galuh.id/GI1)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Uji Coba PBM Tatap Muka Sekolah di Ciamis Pertengahan Ramadhan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berencana menggelar uji coba PBM atau Proses Belajar Mengajar tatap muka tingkat SD, SLTP, SLTA dan Madrasah. Rencana pelaksananaannya...

Urus SIM di Ciamis Tak Perlu Antre, Cukup Pakai Aplikasi Sinar

Berita Ciamis, galuh.id - Korps Lalu Lintas Polri meluncurkan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) yaitu aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan SIM online. Peluncuran aplikasi ini...

Polres Ciamis Ungkap Kasus Narkotika Psikotropika dan Miras Oplosan

Berita Ciamis, galuh.id - Polres Ciamis telah melakukan operasi penyakit masyarakat (Pekat) Lodaya 2021 terhitung dari 4 April hingga 13 April 2021. Operasi itu...

Temukan Kami

47,739FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya