Kebakaran di Ciamis Hanguskan Rumah Guru Honorer

Cikoneng, galuh.idKebakaran rumah di Ciamis menimpa tempat tinggal Amah (49). Amah yang dikenal sebagai guru honorer MTs di Cikoneng tersebut merupakan warga Dusun Kulon, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Akibat kebakaran itu sebagian rumah Amah hangus, Rabu (3/7/2019) dini hari.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun bagian dapur rumah Amah hangus jadi arang, selain itu bagian tengah rumah juga terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Amah mengaku kaget rumahnya tiba-tiba terbakar. Saat bangun untuk salat tahajud, Amah mendengar suara gemericik seperti hujan.

Namun ketika ia keluar rumah untuk melihat hujan turun, Amah kaget di belakang rumahnya api sudah membesar dan melalap bagian dapur rumahnya. Amah spontan berteriak membangunkan tetangga dan meminta tolong untuk memadamkan api.

“Saya kira hujan, suaranya seperti hujan. Alhamdulillah hujan. Tapi setelah saya keluar lewat pintu depan rumah, kaget itu ternyata suara api yang sudah membakar bagian belakang rumah, sekitar pukul 02.00 WIB,” kata Amah.

Tetangga Amah pun berdatangan untuk memadamkan api, sementara sebagian warga menghubungi pemadam kebakaran. Warga memadamkan api dengan ember dan alat seadanya.

Warga mengambil air kolam yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Sebelum akhirnya 2 unit armada pemadam kebakaran tiba dan langsung memadamkan api.

“Yang kebakar bagian dapur habis semua dan sebagian tengah rumah. Kerugian sekitar Rp 20 juta,” terangnya.

Sememtara, tetangga korban, Edi Yusmadi, mengaku saat ia masih terjaga mendengar Amah berteriak meminta tolong. Saat keluar ternyata api sudah membesar di bagian dapur milik Amah.

Edi dan warga lainnya langsung berinisiatif memadamkan api dengan fasilitas seadanya dengan mengambil air kolam.

“Sekitar satu jam sesampainya unit mobil pemadam kebakaran, api langsung berhasil dipadamkan. Untuk penyebab kebakaran kemungkinan dari pembakaran sampah di belakang dapur yang masih menyala lalu menyambar ke bilik dapur sampai api membesar,” terangnya. (galuh.id/Riyan)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini