oleh

Kekurangan Air, Warga Kertabumi Ciamis Tambah Kedalaman Sumur

 
 

Ciamis, galuh.id – Puluhan warga Dusun Nagrog, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, kerja bakti menambah kedalaman sumur gali, Jumat (1/11/2019).

Meskipun sudah mulai turun hujan, namun ketersediaan air bersih di dusun tersebut belum tercukupi, sehingga warga berinisiatif menambah kedalaman 2 sumur.

Terdapat 2 sumur milik Endang dan Oji yang masih terdapat airnya, namun debit airnya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk 50 Kepala Keluarga.

Semula sumur tersebut memiliki kedalaman 12 meter, warga menambah kedalaman 5 meter agar debit air bertambah sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB warga yang berada di wilayah RT 24 dan RT 25, dengan membawa peralatan gali menuju sumur yang akan ditambah kedalamannya.

“Ini inisiatif kami untuk menambah kedalaman sumur, karena debit air mulai berkurang sehingga kami berinisiatif untuk gotong royong,” jelas warga setempat, Kurdiana.

Kurdiana berharap dengan ditambah kedalamannya, debit air bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih pada 50 Kepala Keluarga.

Meskipun dengan alat sederhana, warga yang terdiri dari laki-laki dan perempuan nampak antusias kerja bakti untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Sementara itu, pemilik sumur Endang dan Oji dengan sukarela mempersilakan air sumur miliknya untuk dipergunakan oleh warga setempat.

“Semoga dengan ditambahnya kedalaman sumur ini, air menjadi tambah banyak dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air warga,” jelas Endang. (GaluhID/YP)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA