oleh

Keren, Kantin SMK Negeri 1 Ciamis Bersertifikat BPOM

 
 

Ciamis, galuh.id – SMK Negeri 1 Ciamis meraih juara pertama kategori sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance) pada ajang Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019.

Prestasi itu diraih SMKN 1 Ciamis bukannya tanpa alasan. Lingkungan sekolah yang sehat dilengkapi dengan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang sesuai dengan standar sarana dan prasarana UKS.

Selain itu, yang istimewa juga kantinnya. Kantin yang berada di dalam sekolah itu bersertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Hal ini untuk menjaga makanan yang dijajakan kepada siswa dan warga sekolah. Semua makanannya dijamin sehat dan sarat dengan gizi.

Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, M.pd, kepala sekolah, mengatakan, ada 10 kantin di SMKN 1 Ciamis yang sudah bersertifikat BPOM. Pemilik kantin sebagian adalah istri dari Tata Usaha (TU) yang masih berstatus honorer dan sebagian lagi istri dari penjaga sekolah.

“Kami sengaja fasilitas kantin diberikan kepada istri-istri TU dan penjaga sekolah, hal ini kami ingin membantu secara ekonominya dan tentunya setelah diberikan fasilitas kantin, semuanya harus sesuai ketentuan yang berlaku,”u jar Ika kepada Galuh ID, Jumat (29/11/2019).

Ika menuturkan, syarat yang harus dipatuhi oleh kantin yang berada di dalam sekolah harus semuanya sehat dan bergizi. Makanannya pun dicek oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis sebagai pembina sekolah dalam kesehatan.

“Semua kantin setiap satu bulan sekali dicek oleh Dinas Kesehatan sehingga makanan yang disajikan semuanya sehat dan bergiji. Hal itu untuk menghindari makanan yang tidak sehat sehingga mengakibatkan keracunan makanan,” tuturnya.

Alasan kantin harus bersertifikat Badan POM, menurut Ika ingin membiasakan siswa SMKN 1 Ciamis makan dan minum yang sehat dan bergizi.

Sehingga diharapkan para siswa terbiasa dengan pola hidup sehat ketika di luar sekolah. Begitupun setelah lulus dari SMKN 1 Ciamis bisa menerapkan hidup sehat dan bisa menularkan ke keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Kami didik hidup sehat kepada semua siswa, dimulai dari sekolah sehingga nantinya ketika di luar sekolah menjadi kebiasaan hidup sehat dan bisa mengajak ke keluarga dan teman-temannya di luar sekolah untuk hidup sehat,” paparnya.

Apa yang dilakukan oleh SMKN 1 Ciamis sesuai dengan visinya yaitu Lingkungan Sehat, Pribadi Hebat Prestasi Melesat. Menurutnya, ini adalah satu langkah yang sudah diciptakan untuk mencapai visi tersebut.

“Jadi kami yang harus ciptakan sendiri inovasi-inovasi untuk kebaikan siswa SMKN 1 Ciamis. Saya sebagai pimpinan juga hanya berupaya semampu apa yang sekolah miliki,” ujarnya.

Sementara itu, Eka, siswa SMKN 1 Ciamis merespon baik dengan diberlakukannya makanan dan minuman yang disajikan oleh kantin semuanya sehat dan bergizi serta sudah bersertifikat BPOM.

“Sangat bagus, soalnya kan kami (siswa) juga belajar hidup sehat itu bisa dibiasakan dari sekarang, lalu makan cemilannya yang terlalu pedas,” ucapnya.

Eka berharap semua kantin setiap sekolah mengajikan makanan dan minumannya yang sehat dan bergizi, serta sudah memiliki sertifikat dari BPOM.

“Makanannya yang sehat dan bergizi juga jadi murid-murid generasi bangsa ini lebih sehat dan berkualitas,”pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA