Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Ketua DPRD Ciamis Minta Presiden Bubarkan Mafia Migas Sampai Tingkat Bawah

Ciamis, galuh.id – Indikasi adanya permainan harga gas LPG 3 Kg di Kabupaten Ciamis membuat Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana angkat bicara. Menurutnya masalah mafia migas sudah jadi isu nasional.

“Saya mengamati di media sosial permasalahan mafia Gas LPG 3 Kg tidak hanya terjadi di Ciamis saja, tapi sudah menjadi perkara nasional yang belum terdeteksi mafianya ada di mana,” kata Nanang saat menerima audensi Forum Masyarakat dan Mahasiswa Ciamis (FMMC) di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (16/07/2019).

Nanang menjelaskan, Presiden Jokowi sudah berhasil menghancurkan mafia gas di tingat hulu (atas), salah satunya dengan dibubarkanya Petral.

“Maka kita berharap Presiden Jokowi juga bisa membubarkan mafia Gas di tingkat hilir (bawah), untuk itu mari kita berembuk siapa mafianya dan apa organisasinya,” terangnya.

Ia menambahkan, korupsi dana subsidi untuk gas sama halnya seperti korupsi dana bencana.

“Kami paham ini bukan kejahatan biasa, kalau pakai undang-undang anti korupsi pelaku bisa dihukum sampai mati,” tegasnya.

Sementara Ujang Haeruman, Koordinator audiensi FMMC, menyampaikan, sejumlah masukan terkait permasalahan gas LPG. Diantaranya mendorong  DPRD Ciamis untuk segera membentuk Panitia Khusus (PANSUS) Minyak dan Gas (MIGAS), mendorong Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk pendistibusian Gas LPG dan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar masyarakat lebih leluasa dalam mengontrol harga.

FMMC juga mendesak aparatur penegak hukum, terutama Kepolisisn bersama Kejaksaan Negeri Ciamis untuk membentuk satuan tugas (SATGAS) untuk menindak Agen atau Pangkalan yang menjual gas LPG 3 Kg tidak sesuai dengan ketetapan SK Bupati Ciamis Tahun 2014.

“Maka dari itu Pemerintah Daerah Ciamis untuk segera melaksanakan tuntutan kami, karena kenyataannya sampai sekarang masih tidak ada perubahan, harga gas LPG  3 Kg masih diperjualbelikan dengan harga Rp.18.000 sampai dengan Rp.28.000 per tabung,” kata Ujang.

Harga tersebut, kata Ujang, tidak sesuai padahal sudah dengan ketetapak SK Bupati Ciamis tahun 2014. “Dalam SK Bupati seharusnya harga eceran tertinggi adalah Rp. 16.000 per tabung,” katanya. (galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Perangkat Desa di Ciamis Sisihkan Penghasilan Tetap untuk Anak Yatim

Berita Ciamis, galuh.id - Perangkat Desa Sukasari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, menyisihkan Penghasilan Tetap (Siltap) untuk diberikan pada anak yatim, Kamis (21/5/2020).

Mengenal Masro, Sang Kuncen Tanjakan Alinayin Ciamis

Cipaku, galuh.id - Masro (69) sudah lama dikenal sebagai penjaga Tanjakan Alinayin, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bahkan Masro...

Gegara Corona, ASN Ciamis Bekerja dari Rumah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten Ciamis secara resmi memberlakukan ASN Ciamis bekerja dari rumah atau (flexible working arrangement/FWA).

Ditinggal Pemiliknya, Rumah di Sukamantri Ciamis Ludes Terbakar

Sukamantri, galuh.id - Naas menimpa Wawan warga Dusun Cihonje RT 019 RW 09, Desa Tenggerharja, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, rumahnya dilalap si...

IMM Ciamis Adakan Gerakan Literasi Sejak Dini di MI Cikohkol

Ciamis, galuh.id – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciamis sukses mengadakan gerakan Literasi Sejak Dini (LISDI), Kamis (23/1/2020). Bertempat di...