Senin, 25 Januari 2021
Senin, 25 Januari 2021
 
 

KKN IAID Ciamis Sosialisasikan Pola Asuh Anak di Pangandaran

Pangandaran, galuh.id – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Darussalam Ciamis (KKN IAID) melaksanakan sosialisasi parenting dan pola asuh anak yang bertema ‘Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Pola Asuh Anak Usia Dini di Era Digitalisasi 4.0’. Bertempat di Aula UPTD Disdikpora Korwil Kecamatan Langkaplancar, Senin (5/8/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan Guru Sekolah Dasar dan PAUD seluruh Desa Bangunjaya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Para peserta sosialisasi ini terlihat antusias dan interaktif saat kegiatan berlangsung.

Icah Latifah, selaku ketua pelaksana, mengatakan, bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami pola parenting serta pengawasan terhadap anak dalam pemanfaatan gadget.

“Sosialisasi parenting adalah langkah yang tepat dan masuk program kerja juga setelah minggu pertama kami melaksanakan observasi di sini. Karena di zaman ini memang sangat penting melakukan pengawasan terhadap anak dalam menggunakan gadget,” ujarnya.

Sementara itu, di tengah kegiatan, Soni Samsu Rizal, M.Pd.I sebagai narasumber menyampaikan, aspek perkembangan anak perlu diarahkan dan dibimbing oleh orang tuanya. Mengingat pada masa seperti itulah pola asuh yang tepat akan mempengaruhi masa depan anak.

“Aspek perkembangan anak perlu diarahkan dengan tepat agar potensi mereka ke depannya bisa berkembang baik. Diantara aspek perkembangan itu, ialah norma atau moral pada segi agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, motorik kasar, motorik halus, dan seni. Maka secara umum anak tidak ada yang gagal melainkan mereka memiliki keunikannya masing-masing,” kata Akademisi IAID Ciamis tersebut.

Peserta sosialisasi mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Salah satunya Winda Rosalia, seorang guru Sekolah Dasar Negeri 5 Bangunjaya. Ia mengatakan dengan adanya sosialisasi parenting bisa mendapatkan ilmu baru.

“Alhamdulillah dapat ilmu baru. Narasumbernya juga memiliki wawasan yang luas. Insya Allah berdampak positif ke peserta,” tandasnya. (galuh.id/Yanyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Ciamis Perpanjang PPKM Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mandiri 2 pekan. Perpanjang PPKM mandiri di Ciamis berlaku dari...

Aset Guru di Banjaranyar Ciamis Doyong, Ini Harapan Korwil Pendidikan

Berita Ciamis, galuh.id - Bangunan aset guru di samping Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan. Terlihat hampir seluruh bangunannya sudah rusak....

Bencana di Cimaragas Ciamis, Jalan Amblas dan 4 Rumah Rusak

Berita Ciamis, galuh.id - Telah terjadi jalan amblas dan 4 rumah rusak di Cimaragas Kabupaten Ciamis, Minggu (25/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Beruntung tidak...

Temukan Kami

48,104FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya