Selasa, 2 Maret 2021
Selasa, 2 Maret 2021
 
 

KMC Galuh Taruna Ciamis Gelar Webinar Kanal Kampus Bandung

Berita Ciamis, galuh.id – KMC Galuh Taruna gelar webinar kanal kampus yang berada di Bandung, webinar tersebut dilakukan karena sulitnya informasi tentang kampus di Bandung.

Kumpulan mahasiswa asal Ciamis yang kuliah di Bandung tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) Galuh Taruna memperkenalkan kampus di Bandung.

Terlebih saat ini memasuki tahun ajaran baru perguruan tinggi, sehingga perlu adanya penyampaian informasi pada siswa-siswi lulusan SMA atau sederajat.

Webinar tersebut digelar sebagai wahana pengenalan kampus-kampus yang berada di Bandung, meliputi informasi tentang jurusan serta visi-misi kampus.

Selain informasi tersebut, terdapat juga informasi biaya dari masing-masing kampus, dan yang terpenting dalam webinar tersebut terdapat kajian utama.

Kajian utamanya adalah jalur-jalur masuk kampus yang sampai saat ini masih dibuka, sehingga calon mahasiswa bisa menentukan sendiri kampusnya.

Pada webinar tersebut diikuti oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., Kepala BAPPEDA, Kepala BPKD, Kadis Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Selain itu, turut mengikuti webinar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah 13, dan juga Pembina KMC Galuh Taruna.

Pembina mahasiswa asal Ciamis tersebut adalah Johan J Anwari anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat.

KMC Galuh Taruna Berikan Solusi Pilihan Perguruan Tinggi

Menurut Ketua Umum KMC, Ali Fuad Nasrullah, webinar tersebut diikuti oleh 90 peserta dari berbagai wilayah.

Webinar yang bertema Kenal Kampus Bandung tersebut menurut Ali menjadi solusi saat calon mahasiswa kebingungan memilih perguruan tinggi di Bandung.

Sementara itu pembina KMC Galuh Taruna, Johan J. Anwari, M.Si menyampaikan pentingnya gelaran webinar yang berlangsung selama 3,5 jam.

“Ini sangat penting guna memberikan gambaran umum kampus, serta memperkenalkan KMC sebagai wadah mahasiswa asal Ciamis,” jelas Johan.

Dalam sesi pemaparan materi, ada beberapa kampus yang disosialisaikan, diantaranya adalah kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Kampus lainnya, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Pos Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, Itenas, Uninus, dan Telkom Univercity.

Seperti biasa setelah paparan dari masing-masing perguruan tinggi, peserta diberikan kesempatan bertanya pada sesi tanya jawab.

Mahasiswa Membantu Pembangunan Ciamis

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., menyampaikan pesan bahwa pembangunan di Ciamis tidak lepas dari peran mahasiswa.

“Pembangunan daerah harus ditindaklanjuti oleh mahasiswa dan seluruh warga Tatar Galuh Ciamis, guna mencapai visi Kabupaten Ciamis,” pesan Herdiat.

Herdiat menambahkan, mahasiswa dan seluruh warga Tatar Galuh Ciamis turut serta mencapai mantapnya kemandirian ekonomi dan untuk semua.

Selain itu Herdiat berpesan dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) harus senantiasa menjaga kesehatan dan memperhatikan protocol kesehatan.

Senada dengan Bupati Ciamis, pembina KMC Galuh Ciamis Johan J. Anwari, menyampaikan peran mahasiswa Ciamis untuk pembangunan Ciamis.

“Mahasiswa Ciamis selain berbuat untuk sendiri, juga berbuat untuk Ciamis, jangan sampai mahasiswa Ciamis tidak peduli pada pembangunan Ciamis,” jelasnya.

Johan menegaskan, mahasiswa asal Ciamis harus berbuat selain untuk dirinya untuk Ciamis, negara, bangsa serta agama.

“Jangan sampai mahasiswa asal Ciamis melupakan tanah kelahirannya, harus turut serta membantu pembangunan di Ciamis,” tegas Johan.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 13 Provinsi Jawa Barat, Ir. Herry Pansila Prabowo, M.Sc. memberikan apresiasi.

Heri memberikan apresiasi pada kegiatan yang digelar kumpulan mahasiswa asal Ciamis yang memberikan solusi dalam memilih perguruan tinggi di Bandung.

Bahkan Heri memberikan motivasi agar mahasiswa asal Ciamis yang kuliah di Bandung menjadi lokomotif perubahana di masa depan.

Perubahan tersebut menurut Heri perubahan agar Ciamis bisa semakin maju dalam segala bidang, salaha satunya atas peran serta mahasiswa.

“Kami berharap mahasiswa asal Ciamis bisa menjadi lokomotif perubahan di masa depan agar Ciamis semakin maju pada segala bidang,” harapnya.

Pesan dan motivasi dari Bupati Ciamis, Pembina dan juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 13 Jabar menjadi pemicu semangat.

Peserta selain mendapatkan informasi tentang kampus-kampus yang ada di Bandung, juga mendapatkan motivasi dari para pemateri webinar.

Sehingga webinar Kanal Kampus Bandung yang digelar oleh KMC Galuh Ciamis yang berdurasi 3,5 jam terasa sangat singkat. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

Artikel Terkait

Puluhan Pegawai PT PILN di Ciamis Mengadu ke Disnaker, Tak Digaji 6 Bulan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 44 pegawai PT PILN (Pemeriksa Instalasi Listrik Nasional) mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis, Senin (1/3/2021). Kedatangan mereka bermaksud...

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

Temukan Kami

47,923FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya