Minggu, 25 September 2022
Minggu, 25 September 2022
More

    KNPI, KPU dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di Banjaranyar Ciamis

    Berita Ciamis, galuh.id – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pengurus Kecamatan Banjaranyar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis Jawa Barat menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024.

    Kegiatan itu berlangsung di Briding Centre (Pusat Pengembangan Lebah) di Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, Selasa (26/7/2022).

    Iklan

    Hadir pada kegiatan sosialisasi itu, Ketua KNPI Banjaranyar, Pelaksana tugas (Plt.) Ketua KPU Ciamis dan Ketua Bawaslu Ciamis.

    Sedangkan yang menjadi peserta Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 itu adalah para pemuda yang berada di Kecamatan Banjaranyar.

    Ketua KNPI Kecamatan Banjaranyar, Saeful Milah menyampaikan bahwa tujuan itu sebagai sarana menambah wawasan tentang tahapan Pemilu 2024.

    “Tujuannya sebagai ajang menambah wawasan bagi anggota KNPI dan peserta lainnya tentang tahapan Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Saeful.

    Iklan

    Kemudian, nantinya menurut Saeful peserta yang mengikuti kegiatan itu akan melanjutkan informasi kepada masyarakat lainnya.

    “Sosialisasi ini menjadi modal untuk kami, karena rencananya nanti kami akan menyampaikan kembali hasil sosialisasi kepada masyarakat,” jelas Saeful.

    Ajak Masyarakat Ikut Serta Berpartisipasi dan Mensukseskan Pemilu

    Kemudian adanya kegiatan sosialisasi tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan menyampaikan apresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KNPI.

    Bahkan Uce juga berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan di daerah lain dan diikuti oleh elemen masyarakat lainnya juga.

    Hal tersebut menurut Uce, karena Pemilu bukan hanya tanggung jawab dari KPU dan Bawaslu, tapi seluruh elemen masyarakat turut bertanggungjawab.

    “Suksesnya Pemilu, bukan hanya tanggung jawab dari KPU, serta Bawaslu saja, namun semua elemen masyarakat ikut bertanggungjawab mensukseskan Pemilu,” jelasnya.

    Sehingga menurut Uce, kegiatan sosialisasi tersebut sangat besar manfaatnya untuk terwujudnya pesta demokrasi 2024 mendatang.

    Kemudian, Uce juga menyampaikan, saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi tahapan-tahapan Pemilu yanga akan berlangsung 2024 kepada masyarakat.

    “Kami sosialisasikan kepada masyarakat beberapa regulasi yang diterapkan dalam Pemilu nanti, mulai dari waktu, pasangan calon, partai, serta pelanggaran,” jelasnya.

    Sementara itu Plt. Ketua KPU, Sarno maulana mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mensukseskan serta berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

    “Seluruh elemen masyarakat harus berpartisipasi dan turut serta mensukseskan Pemilu, baik itu pemilih, peserta atau calon, dan juga penyelenggara,” ajaknya.

    Kemudian, Sarno menyampaikan, pihaknya tidak akan menutup diri jika nantinya masyarakat atau organisasi ingin menyelenggarakan sosialisasi yang dilakukan KNPI.

    Sarno menjelaskan, bahwa sebelumnya KPU sudah terlebih dahulu mengeluarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2024 yang isinya tentang tahapan Pemilu.

    Hal tersebut menurut Sarno, sebagai pembuktian bahwa baik itu KPU Pusat maupun kabupatn/kota telah siap untuk menyelenggarakan Pemilu Tahun 2024.(GaluhId/Uus)

    Editor: Ardiansyah

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    377PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan