Rabu, 21 Oktober 2020
Rabu, 21 Oktober 2020
 
 

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan gerakan pungut sampah dan pilah sampah, Sabtu (19/9/2020).

Seperti halnya di wilayah Ciamis Selatan, tepatnya di Kecamatan Banjarsari. Komunitas dan Organisasi tersebut antara lain Komunitas Kalakay The Gold Community, Komunitas Pecinta Lingkungan (Kopling), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia ( PPDI), Karang Taruna dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Gerakan pungut dan pilah sampah tersebut diinisiasi oleh Komunitas Lingkar Mata Hati Banjarsari. Kegiatan tersebut berlangsung di empat Desa secara serentak, yaitu Desa Ciherang, Cibadak, Cicapar dan Sindangasih.

Ketua Komunitas Lingkar Mata Hati, Muhammad Abid Buldani mengatakan, dalam kegiatan World Clean Up Day kali ini, selain memungut sampah, pihaknya juga sekaligus memberikan edukasi kepada warga terhadap kebersihan lingkungan serta cara memanfaatkan sampah.

“Untuk gerakan pungut sampah kali ini kami fokuskan di beberapa wilayah di Kecamatan Banjarsari. Seperti di wilayah Desa Cibadak, Desa Ciherang, Desa Cicapar, dan Desa Sindangasih,” ungkap Abid, di sela-sela kegiatan kepada Galuh ID, Sabtu (19/9/2020).

Dari sampah yang berhasil dikumpulkan, nantinya sampah-sampah itu akan dipilah dan dipisahkan antara sampah organik dan sampah plastik.

“Sampah yang paling banyak kami kumpulkan adalah sampah plastik,” jelasnya.

Abid berencana, sampah plastik yang terkumpul akan didaur ulang sehingga dapat bermanfaat. Sementara sampah organik akan dimanfaatkan sebagai bahan pupuk.

“Kebetulan sampah yang paling banyak kami kumpulkan yaitu sampah plastik. Selanjutnya sampah plastik tersebut akan dijadikan sebagai bahan baku pafling bok. Kami akan memulai mencetaknya setelah selesai kegiatan ini,” pungkasnya.

Dari pantauan Galuh ID, Komunitas dan Organisasi tersebut menyebar ke empat Desa mulai dari pukul 8.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB untuk melakukan gerakan pungut sampah. (GaluhID/Uus)

Loading...

Artikel Terkait

Anggota Dewan DPR RI Hadiri Sunatan Massal di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Pelatihan Digitalisasi Koperasi di Ciamis Tingkatkan Kompetensi Berbasis Digital

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 25 orang pengelola koperasi di Kabupaten Ciamis mengikuti pelatihan digitalisasi koperasi di Aula Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu,...

Atap IGD RSUD Ciamis Ambruk Tak Kuat Menahan Beban Air Hujan

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Yana D Putra, meninjau langsung bangunan IGD RSUD Ciamis yang ambruk...

Temukan Kami

48,648FansSuka
196PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Manga Boruto Chapter 51: Munculnya Mode Terakhir Kyuubi X Naruto

Manga Boruto chapter 51 sepertinya akan menjadi pembuka cerita, di mana Naruto akan menggunakan mode gabungan bersama Kyuubi untuk Isshiki.

Anggota Dewan DPR RI Hadiri Sunatan Massal di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Line Up HP iPhone 12 Series, Kapan Diluncurkan?

HP iphone 12 menjadi salah satu ponsel yang dinantikan pada tahun 2020 oleh para pecinta brand Apple. Apple secara resmi memperkenalkan iphone...

HP Realme 7 Pro, Intip Spesifikasi dan Harganya

HP Realme 7 Pro resmi meluncur di Indonesia pada tanggal 14 Oktober 2020. Smartphone ini memiliki banyak keunggulan, apalagi didukung dengan spesifikasi...

Profil Jeon Jin Seo dan Perannya di Drama BTS Universe YOUTH

Aktor Jeon Jin Seo kini kembali menjadi sorotan para pecinta drama korea. Ia kembali terpilih menjadi salah satu aktor yang akan menjadi...