Komunitas Driver Online Ciamis (DOC) Gelar Bagi-bagi Takjil

172

Ciamis, galuh.id – Tidak mau melewatkan kesempatan di bulan suci Ramadan, Komunitas Driver Online Ciamis (DOC) menggelar Bakti Sosial bagi-bagi takjil di Alun Alun Ciamis. Pembagian takjil dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB hingga tiba waktu berbuka, Sabtu (18/5/2019).

Dalam pembagian takjil, sejumlah driver online ikut serta membantu proses pembagian takjil yang dibagikan kepada pengguna jalan di sekitar Alun-alun Ciamis.

“Mudah-mudahan acara ini bisa digelar setiap tahunnya guna mempererat tali silahturahmi sesama driver online”, ujar Wakil Ketua Driver Online Ciamis, Willy Firman Firdaus. Komunitas yang baru dibentuk 8 bulan lalu tersebut, kini sudah memiliki anggota 78 orang, terdiri dari driver pengguna aplikasi Grab maupun Gojek.

Foto : Dokumen Pribadi

Terbentuknya komunitas ini sendiri berawal dari para pengemudi ojek pangkalan yang sering bertemu dengan para driver online di jalan. Para driver online kemudian berinisiatif membujuk mereka untuk segera beralih menjadi driver online dengan cara mendaftar Grab atau Gojek agar tidak ketinggalan jaman. “Kita sering ngumpul ngariung bareng di warung kopi bersama para ojeg pangkalan yang awalnya kekeuh menolak dengan tegas keberadaan kami,” kata Willy.

Namun, kata Willy, seiring berjalannya waktu, satu-persatu dari para ojek pangkalan ini mulai menyadari omsetnya turun dan tidak bisa berbuat banyak. Mereka pun mulai mencoba memakai aplikasi Grab maupun Gojek menggunakan HP berbasis android.

Foto : Dokumen Pribadi

“Awalnya ribet, susah, dan kurang mengerti, kami pun melakukan edukasi terhadap ojeg pangkalan tentang cara menggunakan aplikasi grab dan alhamdulillah membuahkan hasil,” terang Willy.

Awalnya pihak DOC juga banyak berdiskusi dengan para pengemudi ojeg pangkalan tentang pembagian trayek. “Selama ini kami sering ngobrol-ngobrol soal pembagian daerah (trayek) yang boleh dilalui dengan mereka para ojek pangkalan,” kata Willy.

Pada akhirnya pihak DOC menyarankan kepada seluruh pengemudi ojek pangkalan untuk segera beralih ke online, dimana saat ini para driver online ini sudah menjamur dimana-mana bahkan di kota-kota kecil seperti Ciamis.

“Komunitas ini sangat terbuka lebar dan membuka kesempatan untuk mereka para ojek pangkalan agar ikut bergabung,” imbuh Willy.

Willy menambahkan dari pihak kantor Grab dan Gojek sudah mengetahui adanya komunitas-komunitas driver online.

Willy mengaku sejumlah komunitas driver online yang ada di Ciamis sudah diakui oleh kantor Grab maupun Gojek.

“Harapannya dengan banyaknya komunitas driver online yang sudah diakui di Ciamis agar pihak Grab maupun Gojek secara resmi membuka kantor cabang baru di Ciamis, bukan cuma di Tasikmalaya saja,” pungkasnya. (galuh.id/abah)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini