oleh

Komunitas Penulis Kreatif Siap Majukan Ciamis Lewat Tulisan

 
 

Ciamis, galuh.id – Komunitas Penulis Kreatif (KPKers), komunitas yang bergerak di bidang kepenulisan bertujuan untuk melahirkan penulis-penulis multitalenta, berjiwa writerpreneur, dan mampu tampil ke pentas dunia.

Berpusat di Kota Bandung, KPKPers berdiri tahun 2013, dipelopori oleh tiga penulis asal Bandung yaitu, J. Haryadi (Penulis best seller, trainer dan motivator), Adrie Noor (Penulis Best Seller dalam dan luar negri), dan Luki Andriansyah (penulis aktif dan pemerhati dunia literasi).

Sampai saat ini KPKPers sudah memiliki 27 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, serta 7 cabang lainnya yang berada di luar negeri.

Komunitas yang kini diketuai oleh orang Ciamis asli, Diantika IE ini terus melebarkan sayapnya. Banyak cabang baru dibuka di wilayah Sumatera, Jawa Barat dan Timor Leste. KPKers Timor Leste merupakan cabang paling paling muda yang diresmikan akhir April lalu.

Kabupaten Ciamis sendiri merupakan salah satu kota yang memiliki cabang Komunitas Penulis Kreatif ini. KPKers Ciamis diresmikan oleh ketua umum pusat Krisnomo Johanes pada awal tahun 2018. Namun sayangnya sempat vakum karena kesibukan para pengurusnya.

Kini, KPKers Ciamis mulai aktif kembali setelah setahun lamanya vakum. Padahal banyak sekali penulis Ciamis yang berpotensi dan KPKers memberikan wadah untuk bisa saling berbagi ilmu, belajar bersama, dan memupuk semangat agar tidak berhenti menulis.

Ciamis, tidak kalah dengan daerah lain. Banyak anak muda yang memiliki kecintaan kepada dunia literasi bahkan beberapa dari mereka sudah menghasilkan banyak karya. Penulis artikel, puisi, cerpen dan novel pun bergabung di komunitas ini.

Karena berbeda dengan komunitas kepenulisan yang lain, di KPKers tidak memilah-milah genre atau aliran tertentu. Semua yang menyatakan dirinya memiliki minat di dunia kepenulisan bebas bergabung untuk belajar bersama secara aktif. Hingga saat ini telah banyak para jurnalis, wartawan, editor, novelis dan sastrawan sampai penulis skenario bergabung bersama Komunitas Penulis Kreatif.   

Dalam pertemuan di Alun-alun Ciamis, Selasa, 11 Juni 2019, dilakukan sharing materi kepenulisan tentang teknik menulis dimana ketua KPKers pusat sendiri bertindak sebagai fasilitator.

Pertemuan kemudian dilanjutkan pada pembentukan pengurus baru, dan pembahasan pogram kerja selama setahun ke depan.

Diantika IE sebagai ketua pengurus pusat, mempercayakan kepengurusan kepada orang-orang yang dinilai aktif dan mampu merangkul seluruh anggota.

“Menjadi pengurus komunitas penulis tidak melulu harus hebat dalam semua genre tulisan dan memiliki banyak karya. Ada yang jauh lebih penting dari itu. Kepedulian dan tanggung jawablah yang bisa membuat komunitas tetap berjalan. Adapun ilmu kepenulisan, bisa dipelajari bersama di dalam komunitas,” ujar Diantika.

Komunitas Penulis Kreatif, selain bertujuan untuk terus memantapkan potensi anggota dalam bidang kepenulisan, juga bertekad ikut andil dalam memajukan nama Kabupaten Ciamis melalui tulisan. Hal ini sesuai dengan jargon KPKers Indonesia “Mengguncang Dunia dengan Pena”.

Saat ini KPKers Ciamis sedang mempersiapkan buku antologi pertamanya, yang berbentuk kumpulan cerpen dengan mewajibkan Kota Ciamis sebagai latar cerita.

Bagi warga Ciamis yang memiliki minat belajar menulis dan ketertarikan terhadap dunia literasi, bisa bergabung di Komunitas Penulis Kreatif Kabupaten Ciamis untuk belajar bersama dan sharing ilmu kepenulisan. Silakan bisa terlebih dahulu menghubungi akun Instagram @kpkers_ciamis. Semoga bermanfaat. (Galuh.id/Dian)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA