Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Launching Bank Sampah Ciamis Digelar Secara Virtual

Berita Ciamis, galuh.id – Launching Bank Sampah Ciamis resmi diluncurkan secara virtual oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang digelar di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (18/6/2020).

Launching Bank Sampah Ciamis secara virtual ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang sampai saat ini masih ditemukan kasus positif Covid-19 di Ciamis.

“Kita laksanakan secara virtual, hal ini untuk mencegah penyebaran virus Corona di Ciamis yang saat ini semakin meningkat,” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat sambutannya.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan dalam peresmian proyek pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2019 bukan hanya melaunching Bank Sampah.

Selain melaunching Bank Sampah, dalam Peresmian Proyek Pembangunan ini juga sekaligus penyerahan penghargaan dan kadeudeuh bagi purnabakti.

Kemudian penyerahan hibah aset Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui Pengadilan Agama Ciamis kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan ke depannya semua program yang sudah direncanakan bisa berjalan kembali, saat ini APBD kita difokuskan untuk penanganan Covid-19,” tuturnya.

Launching Bank Sampah Ciamis

Sementara itu, Kepala Dinas DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan tujuan dibuatnya Bank Sampah ini akselerasi dalam pengelolaan persampahan. Hal ini untuk meningkatkan efektivitas dalam penanganan sampah.

“Pengelolaan sampah secara perekonomian ini, Insyallah bisa sedikit membantu kesejahteraan bagi masyarakat. Pasalnya dalam kondisi pandemi Covid-19 ini dari sampah bisa memiliki nilai ekonomi,” paparnya.

Dengan adanya Bank Sampah ini, kata Taufik bisa menjadi solusi masalah kebersihan diKabupaten Ciamis. Masyarakat juga bisa sejahtera dari hasil transaksi sampah.

“Masyarakat bisa datang langsung ke Bank Sampah Ciamis yang beralamat di jalan Mr. Iwa Kusuma Somantri Ciamis untuk ditabungkan,” katanya.

Menurutnya, progres sampah sangat dinamis, pasalnya perkembangan pertumbuhan penduduk dan tingkat konsumtif masyarakat tentang penggunaan suatu produk.

“Otomatis kami memberikan solusi untuk mengatasi sampah agar Ciamis tetap bersih,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya membuat program untuk sedekah sampah bagi masyarakat yang ingin berbagi antara sesama melalui sampah.

“Nantinya sampah tersebut akan dikonfersi menjadi uang yang akan disalurkan ke Baznas atau langsung ke anak yatim piatu,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan