Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Lestarikan Cagar Budaya Kerajaan Galuh, Pemerintah Akan Bangun Museum Daerah Kabupaten Ciamis

Ciamis, galuh.id – Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana akan membangun Museum Daerah Kabupaten Ciamis yang identik dengan kerajaan Galuh. Hal ini didorong karena Ciamis belum memiliki museum terpadu yang mengabadikan asal muasal Kabupaten Ciamis yang kental dengan nilai sejarah.

Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DISBUPORA) Kabupaten Ciamis yang memiliki kewenangan dalam hal rencana pembangunan museum ini sudah melakukan beberapa persiapan. Bahkan rencana pembangunan Museum Daerah tersebut sudah dipersiapkan sejak 2014. Namun, salah satu kendala yang dihadapi oleh Disbudpora sampai saat ini adalah lokasi atau tanah untuk pembangunan museum.

Drs.H.Dede Hermawan, MM Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyerahkan surat pengajuan terkait tanah untuk membangun Museum Daerah Ciamis. Menurut Dede, Disbudpora membidik lahan yang berdekatan dengan objek wisata Karangkamulyan yang sebelumnya digunakan sebagai rest area.

“Kami mengajukan tanah tersebut untuk dibangun museum karena lokasinya strategis dekat dengan wisata sejarah Karangkamulyan,” kata Dede.

Terkait masalah anggaran untuk pembangunan museum, Dede akan berusaha mengajukan pendanaan untuk pendirian museum ke Pemprov Jawa Barat.

“Kami sudah berkomunikasi dengan 11 museum yang sudah ada di Kabupaten Ciamis dan mereka sangat mendukung dan siap menyimpan sebagian pusaka peninggalan sejarah dan apabila ada yang tidak bisa disimpan di museum terpadu, kami dari dinas akan mereplikanya supaya di museum terpadu komplit,” terangnya.

Dede berharap dengan adanya Museum Daerah di Ciamis ini diharapkan cagar budaya kerajaan Galuh dapat diselamatkan dari kerusakan, penghancuran, pencurian maupun dari perdagangan ilegal. Selain itu, pembangunan Museum Daerah tersebut bertujuan untuk melestarikan dan memanfaatkan warisan kerajaan Galuh.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan Museum Daerah tersebut untuk kepentingan ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudyaan sehingga bisa tumbuh rasa memiliki, rasa mencintai dan rasa bangga terhadap warisan budaya di Kabupaten Ciamis yang berakar pada Kerajaan Galuh.

“Harapannya dengan adanya Museum Daerah Kabupaten ciamis diharapkan ini ke depan generasi anak muda Ciamis tahu akan sejarah Kabupaten Ciamis dan tidak lupa dengan nenek moyangnya,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.