Lestarikan Cagar Budaya Kerajaan Galuh, Pemerintah Akan Bangun Museum Daerah Kabupaten Ciamis

138

Ciamis, galuh.id – Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana akan membangun Museum Daerah Kabupaten Ciamis yang identik dengan kerajaan Galuh. Hal ini didorong karena Ciamis belum memiliki museum terpadu yang mengabadikan asal muasal Kabupaten Ciamis yang kental dengan nilai sejarah.

Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DISBUPORA) Kabupaten Ciamis yang memiliki kewenangan dalam hal rencana pembangunan museum ini sudah melakukan beberapa persiapan. Bahkan rencana pembangunan Museum Daerah tersebut sudah dipersiapkan sejak 2014. Namun, salah satu kendala yang dihadapi oleh Disbudpora sampai saat ini adalah lokasi atau tanah untuk pembangunan museum.

Drs.H.Dede Hermawan, MM Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyerahkan surat pengajuan terkait tanah untuk membangun Museum Daerah Ciamis. Menurut Dede, Disbudpora membidik lahan yang berdekatan dengan objek wisata Karangkamulyan yang sebelumnya digunakan sebagai rest area.

“Kami mengajukan tanah tersebut untuk dibangun museum karena lokasinya strategis dekat dengan wisata sejarah Karangkamulyan,” kata Dede.

Terkait masalah anggaran untuk pembangunan museum, Dede akan berusaha mengajukan pendanaan untuk pendirian museum ke Pemprov Jawa Barat.

“Kami sudah berkomunikasi dengan 11 museum yang sudah ada di Kabupaten Ciamis dan mereka sangat mendukung dan siap menyimpan sebagian pusaka peninggalan sejarah dan apabila ada yang tidak bisa disimpan di museum terpadu, kami dari dinas akan mereplikanya supaya di museum terpadu komplit,” terangnya.

Dede berharap dengan adanya Museum Daerah di Ciamis ini diharapkan cagar budaya kerajaan Galuh dapat diselamatkan dari kerusakan, penghancuran, pencurian maupun dari perdagangan ilegal. Selain itu, pembangunan Museum Daerah tersebut bertujuan untuk melestarikan dan memanfaatkan warisan kerajaan Galuh.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan Museum Daerah tersebut untuk kepentingan ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudyaan sehingga bisa tumbuh rasa memiliki, rasa mencintai dan rasa bangga terhadap warisan budaya di Kabupaten Ciamis yang berakar pada Kerajaan Galuh.

“Harapannya dengan adanya Museum Daerah Kabupaten ciamis diharapkan ini ke depan generasi anak muda Ciamis tahu akan sejarah Kabupaten Ciamis dan tidak lupa dengan nenek moyangnya,” pungkasnya.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini