Minggu, 11 April 2021
Minggu, 11 April 2021
BJB

Libur Panjang, Ini Edaran Gubernur Jabar Untuk Kepala Daerah

Berita Jabar, galuh.id – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengirimkan Surat Edaran (SE) untuk kepala daerah se-Jabar dalam menghadapi libur panjang dan cuti bersama tahun 2020.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad menuturkan, edaran itu bertujuan mengantisipasi libur dan cuti bersama. Agar tak menjadi medium penularan Corona.

Dalam SE tersebut, kepala daerah diimbau meningkatkan penerapan protokol kesehatan ketat bagi masyarakat sekitar dan masyarakat luar daerah yang berkunjung.

Kemudian, kepala daerah di Jabar harus memastikan destinasi wisata, tempat kuliner, tempat hiburan, terminal/bandara, pasar serta stasiun, menerapkan protokol kesehatan.

”Termasuk masyarakat. Pengunjung dan pengelola,” kata Daud, Selasa (27/10/2020).

Dalam edarannya, Gubernur Jabar juga mengimbau masyarakat menahan diri untuk tidak berpergian ke luar kota. Liburan disarankan di rumah bersama keluarga.

Saat akan pergi ke luar daerah menggunakan transportasi umum, masyarakat pun diimbau melakukan tes Covid-19. Baik rapid test maupun swab test metode PCR.

Edaran Gubernur Jabar Untuk Kepala Daerah

Pada pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kepala daerah diminta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Imbauan itu juga berlaku untuk pelaksanaan kegiatan seni budaya dan tradisi non keagamaan.

Daud mengaku pihaknya sudah menyiapkan mitigasi dan persiapan. Namun, kembali lagi pada kedisiplinan masyarakat mematuhi imbauan dan menerapkan protokol kesehatan.

”Tameng terkuat mencegah penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat. Utamanya saat libur panjang ini,” ujar Daud.

Dalam rangka pembinaan dan pengawasan pencegahan Covid-19, Satpol PP Jawa Barat juga akan melakukan patroli monitoring protokol kesehatan.

Monitoring 8 Daerah di Jabar

Ada 8 daerah yang menjadi perhatian Satpol PP Jabar. Diantaranya Kabupaten Karawang, Kota Cirebon, Garut, Subang, Bandung, Bandung Barat, Sukabumi dan Cianjur.

Menurut Kepala Satpol PP Jabar M Ade Afriandi, 8 daerah tersebut memiliki destinasi wisata yang menarik. Sehingga saat libur panjang tiba, berpotensi terjadi kerumunan.

“Kami juga berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten/Kota. Akan mengawasi pengunjung. Dan melaksanakan rapid test secara acak,” ucapnya.

Hal itu dilakukan, imbuh Ade, agar patroli monitoring protokol kesehatan di destinasi wisata berjalan optimal. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Pemprov Jabar Perpanjang PPKM Mikro Sampai 19 April 2021

Berita Ciamis, galuh.id - Pemprov Jabar kembali memperpanjang PPKM mikro dari tanggal 6 April sampai dengan 19 April 2021. Demikian hal itu Sekda Jabar Setiawan...

Di RUPST 2020, BJB Tabur Dividen Rp 941,97 Miliar

Berita Jabar, galuh.id - Bank BJB gelar RUPST (Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan) tahun buku 2020. Bertempat di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung,...

Saham BJB Menguat Hampir 5% Jelang Pengumuman Dividen

Berita Jabar, galuh.id - Saham BJB menguat hampir 5% tepatnya 4,58% di posisi Rp 1.600 per saham. Penguatan ini terjadi jelang RPUS tahunan pada...

Temukan Kami

47,747FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya