oleh

Liga Voli Ciamis 2019, Upaya Pembinaan Atlet Lewat Kompetisi

 
 

Ciamis, galuh.id – Liga Voli Ciamis akan kembali digelar. Event yang pertama kali diselenggarakan pada 2018 ini, kini berada di bawah naungan PT Voli Kreasi Utama, sementara sebelumnya digelar oleh Kota Galuh.

Pembukaan Liga Voli Ciamis 2019 berlangsung di Hotel Larissa, Minggu (29/9/2019). Dibuka langsung oleh ketua PBVSI Ciamis, Herdiat Sunarya yang juga merupakan Bupati Ciamis.

H Sarpin, sebagai penyelenggara Liga Voli Ciamis 2019, mengatakan, penyelenggaraan Liga Voli Ciamis tahun ini ada peningkatan dibandingkan Liga sebelumnya, diantaranya dari segi hadiah yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

“Kami juga sengaja melakukannya secara berjenjang untuk menggaet sponsor, misalnya kami menggelar pertandingan secara home away,” terang H Sarpin.

Pertandingan secara home away ini sengaja digelar agar masyarakat setempat memiliki rasa memiliki terhadap klub voli daerahnya.

“Kalau diselenggarakan di satu tempat, nantinya orang orang tidak ada rasa memiliki, selain itu promosi juga lebih gencar dan kemana-mana, dibandingkan jika digelar di satu tempat,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Liga yang bakal diikuti 8 klub ini, sengaja digelar dalam upaya pembinaan secara berjenjang.

“Target liga digelar selama 6 bulan, harapan saya dengan ada ini nanti klub-klub voli di Ciamis berubah wujud jadi akademi, pembinaan benar-benar dimulai dari nol, jadi bukan pemain cabutan,” kata dia.

Jika klub memiliki akademi, kata dia, maka akan ada pemasukan bagi klub. “Selama ini tidak ada pendapatan, jika menjadi akademi maka ada pemasukan, karena nanti yang belajar di akademi klub ini bayar, nah jika sudah masuk pemain liga, sebaliknya klub yang bayar,” terangnya.

H Sarpin juga menyebutkan adanya Liga Voli Ciamis pada tahun sebelumnya berdampak positif pada pembinaan atlet voli. Salah satunya, dia menyebut klub Jabar Pancanaka yang homebasenya berada di Cisaga.

“Klub binaan kita salah satunya Jabar Pancanaka punya binaan 100 lebih, dari mulai anak SD semua belajar di sana, dari sini kan berarti adanya Liga Voli jadi termotivasi,” kata H Sarpin. (GaluhID/Arul)

Berikut klub peserta Liga Voli Ciamis 2019: Jabar Pancanaka, Porpu, Bionic, Botabex, Ladoer, Wahana Jaya, Visio, dan Rajawali.

Daftar Pemain Asing (Dari Luar Ciamis):

1. Porpu – Asyifa Fitri (Bandung)

2. Porpu – Erfina (Bandung)

3. Bionic – Anis (Bandung)

4. Bionic – Fijar (Bandung)

5. Bionic – Yeyen (Tasik)

6. Jabar Pancanaka – Azzahra (Bandung)

7. Jabar Pancanaka – Trisca (Bandung)

8. Jabar Pancanaka – Shintia (Bandung)

9. Botabex – Fregia (Majalengka)

10. Botabex – Iriani (Garut)

11. Ladoer – Suci (Bekasi)

12. Ladoer – Cindy MS (Bekasi)

13. Ladoer – Diska (Bekasi)

14. Wahana Jaya – Meli (Tasik)

15. Wahana Jaya – Nala (Majalengka)

16. Visio – Puri (Majalengka)

17. Visio – Trie (Majalengka)

18. Visio – Rani (Sumedang)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA