Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Login www.pln.co.id atau WA 08122-123-123 untuk Dapat Pulsa Listrik Gratis PLN

Berita Nasional, galuh.id – Pemerintah melalui PLN sejak awal bulan April lalu, telah memberikan bantuan berupa listrik gratis bagi pelanggan daya 450V dan diskon 50 persen bagi pelanggan daya 900V bersubsidi.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan dampak ekonomi di masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Kebijakan listrik gratis dan diskon listrik 50 persen ini berlaku selama tiga bulan. Yakni bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sesuai dengan keterangan Kementerian ESDM bahwa tarif listrik gratis selama 3 bulan, bisa diperoleh pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar.

Akan tetapi, pembebasan biaya listrik bagi pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar, dalam mekanismenya tidaklah sama.

Bagi para pengguna daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada ketiga bulan tersebut.

Untuk pelanggan daya 450 VA prabayar, dapat memperoleh token gratis dengan mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website www.pln.co.id

Begitu pun dengan pelanggan daya 900V bersubsidi dengan kategori prabayar. Diskon listrik 50 persen dapat diperoleh melalui Whatsapp atau website resmi PLN.

Diskon listrik yang diberikan PLN senilai dengan pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir.

Sedangkan bagi pelanggan daya 900V kategori pascabayar bersubsidi, akan secara otomatis memperoleh diskon listrik 50 persen pada bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan token listrik gratis tersebut?

Dari keterangan resmi PLN di laman akun Instagram PLN @pln_id, ada 2 cara untuk mengakses listrik gratis dan diskon 50 persen. Yakni melalui Whatsapp dan website PLN.

Website PLN

1.  Buka website www.pln.co.id
2.  Kemudian masuk ke menu pelanggan. Lalu pilih stimulus Covid-19
3.  Setelah itu, masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
4.  Selanjutnya token gratis akan ditampilkan di layar
5.  Masukkan token itu ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Whatsapp PLN

1.  Buka aplikasi Whatsapp (WA)
2.  Kirim pesan ke nomor Whatsapp 08122-123-123
3.  Ikuti petunjuk selanjutnya. Salah satunya dengan memasukkan ID Pelanggan
4.  Kemudian token gratis akan muncul di layar ponsel
5.  Selanjutnya masukan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Kendati demikian, PLN menyatakan tidak semua pelanggan listrik pelanggan 900 VA akan mendapat diskon. Sebab, hanya pelanggan 900 VA bersubsidi saja yang mendapat diskon tersebut.

Untuk mengetahui apakah layanan listrik termasuk golongan subsidi atau bukan, pelanggan dapat melihat melalui kode yang tertera pada meteran listrik.

Kode yang mendapat gratis listrik dan diskon listrik 50 persen:

R1/450 VA (gratis)
R1T/450 VA (gratis)
R1/900 VA (diskon)
R1T/900 VA (diskon)

Sedangkan kode bagi pengguna 900 VA yang tidak mendapatkan diskon 50 persen yakni :

R1M/900 VA (mampu)
R1MT/900 VA (mampu)

Tarif Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar dan Pascabayar

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian ESDM, tarif listrik gratis selama 3 bulan dapat diperoleh pelanggan 450 VA dari kategori pascabayar maupun prabayar.

Akan tetapi, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Indonesia, Rida Mulyana, mengatakan bahwa mekanisme penggratisan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA pascabayar dan prabayar tidak sama.

“Untuk pelanggan 450 VA pascabayar, otomatis gratis. Berapa pun pemakaiannya ya gratis. Selama 3 bulan tak bayar apa-apa,” kata Rida.

Sedangkan untuk pelanggan 450 VA prabayar, bisa mendapatkan pembebasan tarif listrik selama 3 bulan dengan memperoleh token gratis. Besarannya senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Setiap pelanggan pemakaiannya beda-beda. Profil pelanggannya kami sudah punya. Yang kita berikan selama 3 bulan ke depan adalah angka maksimum dari pemakaian 3 bulan terakhir,” terang Rida.

Diskon Listrik 50 Persen Hanya untuk Sebagian Pelanggan 900 VA

Rida menerangkan, pemberian diskon 50 persen bagi pengguna daya 900 VA pascabayar dan prabayar bersubsidi, mekanismenya juga dibedakan.

Namun secara praktik, mekanismenya mirip dengan yang diberlakukan untuk pelanggan 450 VA.

Pengguna 900 VA pascabayar, akan diberi diskon listrik 50 persen. Diskon ini dari biaya pemakaian bulanan.

Selanjutnya, pelanggan 900 VA kategori prabayar, dapat memperoleh diskon dengan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen. Diskon ini senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Mirip seperti yang pelanggan 450 VA prabayar. Hanya saja tidak gratis. Tapi bayarnya 50 persen,” kata Rida.

Meski begitu, tak semua pelanggan 900 VA bisa mendapatkan diskon. Diskon tarif listrik 50 persen hanya diberikan kepada pelanggan 900 VA yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM).

Jadi, hanya sebagian pelanggan daya 900 VA yang dapat memperoleh diskon.

”Yang menerima keringanan adalah yang selama ini menerima subsisdi listrik. Yakni pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA. Bukan RTM,” tegas Rida Mulyana. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Mieling Ngadegna Galuh, Dari Ciamis untuk Persatuan Bangsa

Mieling Ngadegna Galuh, gelaran yang bertujuan untuk memperingati berdirinya Kerajaan Galuh ini, membawa pesan persatuan bangsa.

SMAN 2 Ciamis dan UPI BUMSIL Bandung Juara Pertama SEMA Futsal Championship 2018

Pertandingan final Futsal Championship 2018 yang diselenggarakan Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh berlangsung seru. Tim futsal SMKN 2 Ciamis yang berhasil maju ke...

Eros Raih Juara Kawih Hari Aksara Internasional di Ciamis

Miskin Jangan Jadi Penghalang Untuk Terus Sekolah. Ciamis, galuh.id - Pendidikan sangat berperan untuk menjadikan hidup lebih baik, dan...

Hasil Evaluasi Pramusim di Yogyakarta, Pelatih Sriwijaya FC Puas

Hasil Evaluasi Pramusim di Yogyakarta, Pelatih Sriwijaya FC Puas Info Liga 2, galuh.id - Kompetisi Liga 2...

Aparat Gabungan Sidak Harga Sembako ke Pasar Ciamis

Ciamis, galuh.id - Aparat Gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI dan Dinas Perdagangan Kabupaten Ciamis melakukan sidak harga sembako jelang bulan Ramadan...