Minggu, 13 Juni 2021
Minggu, 13 Juni 2021
BJB

Longsor di Imbanagara Ciamis, Atap Rumah Warga Hancur

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Longsor di Imbanagara Ciamis, Rumah milik Maman (34) warga Dusun Majalaya RT 02 RW 06 Desa Imbanagara Raya, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat rusak.

Akibatnya, bagian benteng dan atap rumah Maman pun mengalami kerusakan. Beruntung insiden itu tidak sampai memakan korban jiwa maupun luka-luka.

Namun pemilik rumah menderita kerugian materil puluhan juta karena rumah rusak terkena longsor.

Hujan deras serta angin kencang yang melanda wilayah Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis pada Rabu (27/1/2021) mengakibatkan bencana longsor.

“Akibat hujan deras tersebut, membuat rumah milik Maman terkena longsor,” kata Ace Hidayat, Kepala PLT Bidang Bantuan dan Bidang Sosial Ciamis.

Menurutnya, peristiwa itu terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Kejadian itu pun tak sampai menelan korban jiwa. Namun taksiran untuk kerugian materil sekitar Rp 10 juta.

Pasalnya, bagian benteng dan atap rumah Maman rusak. “Kerugian materil sekitar 10 jutaan. Karena yang terkena longsor bagian tebing rumahnya yang cukup panjang,” jelasnya.

Guna penanganan dan evakuasi, Ace pun dibantu oleh Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis dan ada pemberian bantuan untuk meringankan beban korban.

Selain itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati, terlebih saat musim penghujan seperti sekarang ini. Sebab bencana bisa terjadi kapan saja.

“Pada musim hujan saat ini kita harus betul-betul waspada, bencana bisa terjadi kapan saja,” imbaunya.

Kemudian, apabila ada hal-hal mencurigakan yang bisa menimbulkan bahaya, warga pun harus cepat mengungsi dan lapor kepada pemerintah setempat.

”Agar bisa koordinasi dengan pemerintah dan ada pemantauan ke lapangan,” pungkas Ace. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan