Sabtu, 6 Maret 2021
Sabtu, 6 Maret 2021
 
 

Longsor di Imbanagara Ciamis, Atap Rumah Warga Hancur

Berita Ciamis, galuh.id – Longsor di Imbanagara Ciamis, Rumah milik Maman (34) warga Dusun Majalaya RT 02 RW 06 Desa Imbanagara Raya, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat rusak.

Akibatnya, bagian benteng dan atap rumah Maman pun mengalami kerusakan. Beruntung insiden itu tidak sampai memakan korban jiwa maupun luka-luka.

Namun pemilik rumah menderita kerugian materil puluhan juta karena rumah rusak terkena longsor.

Hujan deras serta angin kencang yang melanda wilayah Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis pada Rabu (27/1/2021) mengakibatkan bencana longsor.

“Akibat hujan deras tersebut, membuat rumah milik Maman terkena longsor,” kata Ace Hidayat, Kepala PLT Bidang Bantuan dan Bidang Sosial Ciamis.

Menurutnya, peristiwa itu terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Kejadian itu pun tak sampai menelan korban jiwa. Namun taksiran untuk kerugian materil sekitar Rp 10 juta.

Pasalnya, bagian benteng dan atap rumah Maman rusak. “Kerugian materil sekitar 10 jutaan. Karena yang terkena longsor bagian tebing rumahnya yang cukup panjang,” jelasnya.

Guna penanganan dan evakuasi, Ace pun dibantu oleh Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis dan ada pemberian bantuan untuk meringankan beban korban.

Selain itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati, terlebih saat musim penghujan seperti sekarang ini. Sebab bencana bisa terjadi kapan saja.

“Pada musim hujan saat ini kita harus betul-betul waspada, bencana bisa terjadi kapan saja,” imbaunya.

Kemudian, apabila ada hal-hal mencurigakan yang bisa menimbulkan bahaya, warga pun harus cepat mengungsi dan lapor kepada pemerintah setempat.

”Agar bisa koordinasi dengan pemerintah dan ada pemantauan ke lapangan,” pungkas Ace. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

DPC Demokrat Ciamis Tolak Hasil KLB di Sibolangit, Tetap Setia ke AHY

Berita Ciamis, galuh.id - Sekretaris DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara menyatakan menolak hasil KLB yang berlangsung di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Sebab pelaksanaan...

Operasi Yustisi Tingkatkan Kesadaran Prokes Warga Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Operasi yustisi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Sekda Ciamis Tatang mengatakan tingkat kepatuhan masyarakat...

Disnaker Ciamis Umumkan Pelatihan Kerja Dibuka Maret 2021

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis umumkan bahwa pendaftaran pelatihan kerja di UPTD KLK sudah mulai buka. Kepala Disnaker Ciamis, Asep...

Temukan Kami

47,905FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya