Minggu, Mei 26, 2024

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Kapan Debut di Timnas Indonesia?

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Kabar mengejutkan datang dari kiper FC Dallas, Maarten Paes yang telah resmi jadi WNI usai menjalani sumpah kewarganegaraan pada Selasa (30/4/2024) pagi WIB.

Informasi mengenai kiper yang akan segera memperkuat Timnas Indonesia ini tersebar dari akun Instagram Futboll.Indonesiaa.

Dalam unggahannya terdapat foto Maarten Paes lengkap dengan jas dan peci sebagai tanda sang pemain menjalani sumpah kewarganegaraan. 

- Advertisement -

“Amunisi tambahan bulan Juni? Sat set terimakasih semuanya pihak yang terkait dengan proses ini,” tulis akun tersebut.

Ini tentu menjadi kabar gembira untuk Timnas Indonesia untuk mengarungi kompetisi mendatang.

Pasalnya, Timnas Indonesia masih membutuhkan kekuatan tambahan sebelum melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Namun, belum dipastikan kapan Maarten Paes akan memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia.

Kapan Maarten Paes Debut di Timnas Indonesia?

Meski sudah resmi jadi WNI, status Maarten Paes masih dalam perdebatan, sebab ia pernah membela Timnas U-21 Belanda pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 saat usianya sudah melebihi 22 tahun.

Baca juga: Lawan Uzbekistan, Timnas Indonesia U-23 Dicurangi Wasit Lagi

Menurut regulasi FIFA, seorang pemain dapat beralih dan bermain untuk tim nasional lain jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali bermain untuk tim junior atau senior dalam pertandingan resmi.

Karena itu, kasus Maarten Paes harus rampung setelah berurusan dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah menyatakan kesiapannya untuk membawa berbagai bukti guna meyakinkan bahwa Maarten Paes layak membela Timnas Indonesia.

Jika ingin melakukan debut bersama Timnas Indonesia sesegera mungkin, Maarten Paes hanya memiliki sedikit waktu.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia harus segera menyelesaikan segala persyaratan Maarten Paes dalam waktu sebulan.

Jadwal dekat Timnas Indonesia berada pada bulan Juni 2024, artinya PSSI hanya butuh waktu sekitar 1 bulan untuk merampungkan urusan tersebut.

Pada saat itu, Timnas Indonesia akan menghadapi dua pertandingan terakhir di Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan bertemu dengan Irak dan Filipina, duel ini akan berlangsung pada 6 dan 11 Juni 2024 di kandang sendiri.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (GaluhID/Dianti)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harkitnas 2024, Bikers Brotherhood 1% MC Gelar Doa di TMP Kota Banjar

Berita Banjar, galuh.id - Bikers Brotherhood 1% MC merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 dengan berdoa bersama dan meletakan...

Artikel Terkait