Kamis, 28 Januari 2021
Kamis, 28 Januari 2021
 
 

Mahasiswa Ciamis Kenalkan Sistem Bioflok dalam Budidaya Ikan Lele

Ciamis, galuh.id – Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok sudah banyak dilakukan di wilayah Kabupaten Ciamis, termasuk daerah Banjarsari dan Pamarican.

Kali ini sejumlah mahasiswa Ciamis berasal dari Universitas Galuh (Unigal) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) memperkenalkan cara budidaya lele yang belum pernah dilakukan oleh warga Desa Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (3/8/2019).

Menurut Ridwan salah seorang mahasiswa Unigal menjelaskan, budidaya lele dengan sistem bioflok ini sangat praktis, tanpa ribet dan tidak memerlukan biaya besar.

“Selain lebih praktis, mudah diaplikasikan di lahan terbatas serta biaya pembuatan yang relatif lebih murah dibanding kolam tembok, padat tebar benih ikan juga lebih tinggi, proses pembersihan dan pengeringan kolam lebih cepat dibanding kolam tanah,” terang Ridwan.

Ridwan menyebut kelebihan lainnya, adalah daging ikan yang dihasilkan pun jauh lebih baik dari ikan tambak biasa.”

Perikanan di Panumbangan, khususnya di Desa Jayagiri inj sangat potensial untuk budidaya lele dengan sistem bioflok,” katanya

Mahasiswa Unigal juga menggandeng Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ciamis untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok. 

“Dengan menggandeng dinas terkait, diharapkan setelah selesainya KKN Unigal, ikan lele menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi Desa Jayagiri,” ungkapnya. (galuh.id/Riyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Warga Lakbok Ciamis Ditemukan Meninggal di Sungai Apur

Berita Ciamis, galuh.id - Ali Musyafa (26) warga Dusun Padaemut RT 13 RW 08 Desa Kertajaya, Lakbok Kabupaten Ciamis ditemukan meninggal dunia di sungai...

Longsor di Imbanagara Ciamis, Atap Rumah Warga Hancur

Berita Ciamis, galuh.id - Longsor di Imbanagara Ciamis, Rumah milik Maman (34) warga Dusun Majalaya RT 02 RW 06 Desa Imbanagara Raya, Kecamatan/Kabupaten Ciamis,...

DPRD Ciamis Bentuk Pansus Program Sembako, Ini Alasannya

Berita Ciamis, galuh.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis membentuk panitia khusus (Pansus) Program Sembako sejak Jumat (22/1/2021). Lalu, apa tujuan pembentukan Pansus...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya