oleh

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

 
 

Kesehatan, galuh.id – Beragam manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh dan masakan. Bagi pemilik kulit kering, sangat akrab sekali dengan salah satu minyak ini.

Para pemilik kulit kering memang disarankan untuk bersahabat dengan produk perawatan yang berbahan dasar minyak. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kamu coba:

Kaya akan antioksidan dan cegah kanker kulit

Kandungan antioksidan minyak zaitun sangat baik untuk kulit. Saat minyak zaitun diaplikasikan pada kulit wajah, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah penuaan dini.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat melindungi dari kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) terus-menerus. Dalam studi tersebut, tercatat pertumbuhan tumor jauh lebih rendah dibanding yang tanpa pengolesan minyak zaitun.

Kaya akan Vitamin dan membantu mengobati penyakit kulit

Berbagai vitamin banyak terkandung dalam minyak zaitun, diantaranya vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sehingga manfaat minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab yang baik.

Memberikan efek lembut pada kulit

Saat wajah terasa kasar, saatnya kamu bersahabat dengan minyak zaitun. Tidak hanya mampu melembabkan, minyak zaitun juga menjadikan kulit lembut. Kamu pun bisa membuat scrub dengan campuran minyak zaitun, gula pasir, bubuk kopi dan madu.

Pembersih wajah murah meriah

Jika sabun wajah habis, jangan panik. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke wajah sambil melakukan pijatan ringan. Setelah itu seka kelebihan minyak di wajah dengan kain lembut. Ulangi proses ini hingga wajah terasa bersih, lalu bilas dengan air.

Meski alami, tetapi tidak semua orang aman menggunakan minyak zaitun, pasalnya ada studi yang menemukan bahwa pemakaian minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit makin meradang atau mengalami alergi.

Memberikan efek antibakteri di kulit

Ada sebuah studi berskala kecil yang melihat efek pemakaian minyak zaitun pada bakteri Staphylococcus Aureus di kulit. Hasilnya, minyak zaitun menunjukkan sifat antibakteri. Minyak zaitun dapat meningkatkan penyembuhan luka borok di kaki pada penderita diabetes tipe 2.

Sebelum mencobanya, ingat bahwa perawatan alami tidak ada yang memberikan hasil instan. Lakukanlah secara rutin dan didukung dengan pola hidup sehat agar wajah benar-benar tampak sehat. (GaluhID/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA