Masakan Bersantan Tidak Cepat Basi? Begini Tipsnya

Masakan bersantan tidak cepat basi, ada tips khusus yang bisa dipraktekkan.

Tutorial, galuh.id – Masakan yang menggunakan santan kelapa bisa memberi cita rasa yang lebih gurih dan sedap. Biasanya olahan daging atau sayuran bisa dimasak dengan santan kelapa untuk dijadikan sajian lezat. Hanya saja masakan bersantan seringkali mudah basi.

Agar masakan bersantan tidak cepat basi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Gunakan Santan dari kelapa tua

Sangat disarankan untuk memilih kelapa tua untuk dijadikan santan. Kandungan minyak yang lebih banyak pada kelapa tua bisa membuat masakan jadi lebih gurih.

Kelapa yang bagus untuk dijadikan santan masakan adalah yang daging kelapanya sudah keras dan mudah patah, pilih juga yang kulitnya masih agak terang.

Masak sampai benar-benar matang

Selama proses memasak, kita perlu terus mengaduknya agar santan tidak pecah atau meluap. Masakan santan yang dimasak sampai benar-benar matang, nantinya tidak mudah basi.

Simpan dalam Kulkas

Masakan bersantan bisa disimpan di dalam kulkas. Setelah masakan matang, diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang. Setelah dingin, kita bisa menyimpannya di suhu ruang untuk segera disantap. Selanjutnya bisa disimpan didalam kulkas untuk stok besok.

Hangatkan kembali sebelum disantap

Dalam proses penghangatan masakan, gunakan api kecil saja dan tidak perlu sering diaduk. Hangatkan sampai mendidih, lalu nikmati selagi makanan hangat.

Itulah cara agar masakan bersantan tidak cepat basi. Bisa dipraktekan
(galuh.id/Maisyara)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

PSBB Jawa Barat Berakhir Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis Adakan Syukuran

Berita Ciamis, galuh.id - Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis menggelar syukuran setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat berakhir.

Rumah Makan Ternama di Ciamis Lakukan Antar Saji Saat PSBB

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk melayani pelanggannya, rumah makan ternama di Ciamis lakukan antar saji pada pelanggannya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Brownis Panggang Ekonomis dengan Dua Telur, Mudah Dibikin

Tips, galuh.id - Saat menunggu buka puasa bisa manfaatkan membuat brownis panggang yang ekonomis dengan dua telur dan bahan yang lainnya.

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Ini Pemain yang Ikut Seleksi PSGC Ciamis 2019

Ciamis, galuh.id - Manajemen PSGC Ciamis 2019 mulai melakukan perekrutan dalam rangka persiapan untuk mengikuti Liga 2 Indonesia pada Senin (13/5/2019).

Hasil Test Massal di Ciamis, 4 Orang Terindikasi Reaktif Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten Ciamis telah melakukan test massal Covid-19 terhadap pedagang, pelayan toko dan masyarakat di 4 titik pasar...

Kisah Raden Undakan Kalangsari, Penyebar Agama Islam di Nagarapageuh Panawangan Ciamis

Ciamis, Galuh ID– Para mahasiswa Universitas Galuh Ciamis yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan mulai melakukan observasi mengenai Situs...

Warga Protes Bau Tumpukan Sampah di Depan Polres Ciamis

Pemandangan tidak mengenakan terlihat di depan Kantor Sat Narkoba Polres Ciamis, sampah terlihat menumpuk dan tidak tertampung bak sampah, akibatnya sampah meluber hingga ke...

Dalam Sehari, 2 Kebakaran Terjadi di Banjarsari Ciamis

Banjarsari, galuh.id - Kebakaran Gunung Pulasari yang berlokasi di dusun Mulyasari Desa Purwasari ,Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, terjadi Jum'at (25/ 10/2019).