Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Massa Geruduk Kantor Bawaslu Ciamis

Ciamis, galuh.id – Ratusan orang dari Aliansi Gerakan Anti Pemilu Curang mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis, Senin (29/04/2019).

Tututan yang dilakukan oleh Aliansi Gerakan Anti Pemilu Curang ini mempertanyakan  kinerja Bawaslu dalam mengawasi bentuk kecurangan dalam perhitungan suara Pilpres.

Gerakan ini dibentuk oleh relawan Kopasandi Ciamis yang dipimpin oleh Mama Golangsing dan Relawan Sanghiyang Jagat yang diketuai oleh Haji Akaw.

“Ada dugaan praktek kecurangan dalam perhitungan suara Pilpres yang merugikan Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo dan Sandi yang sampai saat ini belum ada proses tindakan secara hukum,” ujar Mama Golangsing di kantor Bawaslu Ciamis, Senin (29/04/2019).

Menurutnya, kedatangan mereka ke kantor Bawaslu untuk menjaga kondusifitas Pemilu. Selain itu, Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu dituntut bersikap netral agar pesta demokrasi ini berjalan jujur dan adil.

“Kami datang ke sini untuk bersilaturahmi, bentuk kepedulian kami terhadap Bawaslu yang harus tetap dalam jalur atau koridor sebagai pengawas proses Pemilu,” tuturnya.

Bawaslu dituntut untuk terus mengawasi bentuk kecurangan yang terjadi selama proses Pemilu, yang saat ini menurut mereka, sudah banyak diberitakan media cetak dan elektronik.

“Kami ingin di Kabupaten Ciamis tidak ada kecuarangan-kecurangan proses Pemilu terjadi seperti di daerah lain, apabila terjadi kecurangan yang tidak bisa diatasi jangan salahkan apabila ada people power yang akan melawan,” ujarnya.

Sementara Uce Kurniawan, Ketua
Bawaslu Kabupaten Ciamis mengatakan pihak Bawaslu akan tetap dalam posisi netral dan bertindak secara profesional.

“Kami sudah disumpah jabatan, apabila terjadi kecurangan lalu bukti sudah mencukupi kami akan terus proses sampai ke Pengadilan,” paparnya.

Uce juga menambahkan tugas Bawaslu adalah mengawasi proses pemilihan umum. “Hakekatnya mengawasi Pemilu, tugas kewajiban kami yang sudah tertuang dalam Undang-undang,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.