Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Memahami Grassroots Football Bersama Indra Sjafri

Hubungi Kami

Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19 yang hadir dalam acara Coaching Clinic Askab PSSI Ciamis bekerjasama dengan Penerbit Erlangga memberikan penjelasan lebar tentang kepelatihan sepak bola anak usia dini di Gelanggang Galuh Taruna Ciamis (22/4/2018).

Filosofi yang dinamakannya filosofi Grassroots Football merupakan pedoman bagi setiap pelatih sepak bola untuk menanamkan nilai-nilai sepak bola pada anak usia dini, mulai dari usia 6 tahun hingga 12 tahun. Menurut Indra Sjafri, banyak pelatih yang tidak memahami karakter anak-anak sehingga memperlakukan anak tidak sesuai dengan umurnya.

Pada dasarnya prinsip dalam Grassroots Football yang mengacu pada visi FIFA “touch the world”, adalah sebagai berikut:
– Semua anak baik laki-laki maupun perempuan punya kesempatan utk bermain.
– Sepak bola bisa dimainkan di mana saja, tidak perlu menunggu pemerintah membangun fasilitas lapangan yang memadai, tetapi di halaman sekolah pun memungkinkan untuk dijadikan tempat bermain sepak bola.
– Tidak ada diskriminasi.
– Permainan harus sederhana, menarik dan mendorong anak untuk semangat bermain sepak bola. Jangan sampai anak malah takut dengan pelatih dan berharap pelatih tidak menonton mereka ketika sedang bermain sepak bola.
– Fair play harus dihormati.

Tujuan utama dari Grassroots Footbal sesuai dengan visi FIFA ini adalah, membawa permainan sepak bola ke semua orang, membiarkan sebanyak mungkin orang untuk bermain dan bergembira, dan mengenalkan anak laki-laki dan perempuan pada sepak bola.

Dalam hal melatih sepak bola bagi anak-anak maka permainan adalah guru terbaik dan kegembiraan para pemain harus selalu jadi fokus utama. Sehingga, tidak ada lagi anak-anak yang berlatih sepak bola harus lari keliling lapangan beberapa putaran, tetapi fokuskan mereka pada permainan sehingga lebih banyak bersentuhan dengan bola untuk melatih skill bermain.

Grassroot Football juga menekankan pada pembinaan pemain sejak usia dini yang meliputi: skill sepak bola, kemampuan taktital dan kecerdasan, sehingga tidak cukup hanya bermain sepak bola tetapi perlu juga sekolah karena diperlukan orang pintar untuk membaca permainan di lapangan. Selain itu juga dalam pembinaan sepak bola diperlukan kemampuan fisik, bukan cuma pandai berlari, dan melompat. Terakhir dan paling penting adalah penghormatan nilai-nilai. Dalam sepak bola bukan cuma kalah menang, tetapi ada attitude yang perlu diperhatikan dalam hal ini yang dibutuhkan adalah pelatih-pelatih yang lebih beradab.

Selanjutnya dalam hal pembinaan, Indra Sjafri memberi contoh negara Jepang yang mempunyai target menjadi juara dunia pada tahun 2050. Proyeknya dimulai sejak tahun 2026. Karena mereka sadar jika apa yang dilakukan Jepang saat ini hanya bisa mengantarkan jepang sampai babak kualifikasi Piala Dunia. Oleh karena itu, dalam sepak bola tidak ada prestasi yang bisa diraih secara instan, semua butuh proses dan pemain yang bagus lahir dari instruktur yang bagus pula.

(K. Putu Latief) Galuh ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

22 Pegawai RSUD Ciamis Positif Covid-19, 12 dari Layanan Hemodialisa

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 22 pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19.

Sudah Ada Sejak 1939, Ini Upaya Dinas KUKMP Kenalkan Batik Khas Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Batik Ciamis, Jawa Barat bisa jadi kalah pamor dengan batik dari daerah lain. Namun Dinas Koperasi, UMKM, dan...

Diguyur Hujan Deras, Jalan Penghubung Kecamatan di Ciamis Amblas

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan jalan penghubung antar kecamatan amblas dan nyaris putus.

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Spotify Wrapped 2020, Ini Cara Membuat dan Membagikannya ke Media Sosial

Cara membuat Spotify Wrapped 2020 kini tengah ramai menjadi perhatian. Karena fitur tersebut selalu para pengguna tunggu-tunggu setiap akhir tahun.

Cara Buat Spotify Wrapped 2020 dan Bagikan Ke Sosial Media

Cara buat Spotify Wrapped 2020 bisa dilakukan melalui aplikasi Spotify baik via Smartphone, Tablet, atau PC. Spotify Wrapped 2020...

Bagaimana Jika Saldo Prakerja Tidak Habis? Ini Penjelasan Manajemen Prakerja

Bagaimana jika saldo Prakerja tidak habis? Kini pertanyaan tersebut tengah menjadi perbincangan. Pasalnya saat ini pada dhasboard Prakerja ada instruksi untuk menghabiskan...

BTS Kembali Puncaki Billboard Hot 100, Berikut Beberapa Prestasi Lagu Life Goes On

BTS kembali puncaki Billboard Hot 100 setelah sebelumnya juga sempat memajang nama BTS di tangga Billboard melalui lagu Dynamite.

Sinopsis Eagle Eye, Kisah Wanita Misterius yang Tahu Segalanya

Sinopsis Eagle Eye yang akan tayang kembali pada program Bioskop Trans TV pada malam ini pukul 21.30 WIB, Rabu (2/12/2020).