oleh

Mengatasi Ketombe pada Rambut, Coba Cara Alami Ini!

Hubungi
 
 

Mengatasi ketombe pada rambut, gampang-gampang susah. Namun satu hal yang pasti kebersihan rambut perlu dijaga.

Ketombe bisa menjadi kondisi yang sangat memalukan karena sangat terlihat oleh orang lain. Tetapi banyak orang pernah atau akan memiliki ketombe di beberapa titik dalam hidup mereka.

Orang yang memiliki ketombe selalu mencari cara untuk menghilangkan serpihan putih itu untuk selamanya. Tetapi karena ada begitu banyak perawatan ketombe yang berbeda di luar sana, mungkin sulit untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

Sementara beberapa perawatan bersifat permanen, yang lain ternyata bersifat sementara. Namun banyak yang ingin mencari solusi permanen.

Tergantung pada penyebab ketombe, ini bisa dilakukan, tetapi Anda mungkin harus melakukan sedikit perubahan pada rambut dan kebiasaan perawatan kulit untuk menjauhkan ketombe.

Perawatan untuk Mengatasi Ketombe pada Rambut

Ketombe dapat disebabkan oleh sensitivitas produk rambut, kondisi kulit, dan tidak keramas yang cukup, tetapi penyebab paling umum adalah kulit kering. Berikut adalah perawatan yang bisa Anda lakukan atau lakukan di rumah yang telah terbukti menghilangkan ketombe :

Ganti Minyak Rambut

Terkadang ketombe dapat dihilangkan hanya dengan mengubah produk penataan gaya yang Anda gunakan atau menerapkan produk yang lebih sedikit dari biasanya.

Jika Anda lebih suka membiarkannya tanpa mencuci rambut, coba tata rambut Anda pada hari kedua dengan hairspray minyak kelapa buatan rumah.

Minyak kelapa akan memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit kepala Anda dan kemungkinan kecil akan terkelupas di rambut.

Lelehkan 2 sendok makan minyak kelapa dan tuangkan ke botol semprot kosong yang bersih. Tambahkan 1 cangkir air saring dan 3 tetes minyak esensial lavender. Kocok sebelum disemprotkan pada rambut kering atau basah.

Minyak Kelapa Akan Menghilangkan Ketombe

Untuk mengatasi ketombe pada Rambut, Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Karena kulit kepala kering adalah penyebab ketombe yang paling umum, tidak mengherankan jika minyak kelapa adalah pengobatan yang efektif untuk ketombe.

Baca Juga: Panas dan Polusi Menyerang, Begini Cara Jaga Kesehatan Rambut

Untuk menghilangkan serpihan putih yang tidak diinginkan, Anda harus mengulangi perawatan ini sekali atau dua kali per minggu. Rambut Anda akan menerima beberapa manfaat lain dari minyak kelapa juga.

Cuci rambut Anda, tetapi jangan gunakan kondisioner apa pun dan keringkan rambut sepenuhnya. Oleskan minyak kelapa sebanyak yang Anda butuhkan untuk menutupi kulit kepala.

Usahakan untuk tidak mengoleskan minyak pada sisa rambut Anda, kecuali jika ingin menggunakannya sebagai perawatan rambut pada saat yang sama.

Telur adalah Penghilang Ketombe yang Mengejutkan

Masker rambut menggunakan telur sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Vitamin A yang ditemukan dalam kuning telur bekerja dengan rambut Anda yang akan membantu mencegah ketombe.

Hanya saja coba cara mengatasi ketombe pada rambut ini jika Anda tidak terlalu peka terhadap bau, karena kuning telur dapat menimbulkan bau tak sedap.

Pisahkan 1 atau 2 kuning telur dan aduk. Oleskan hanya ke area kulit kepala, cobalah untuk menghindari sisa rambut Anda. Tutupi kepala Anda dengan kantong plastik. Setelah 1 jam, keramas sampai bersih.

Gunakan Madu

Madu telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh dan kulit. Penuh dengan vitamin dan mineral dan dapat membantu mencegah penyakit. Ini juga merupakan obat rumahan yang bagus untuk ketombe. Buat pasta dengan 90% madu, dan 10% air hangat.

Pijat ke kulit kepala selama 5 hingga 10 menit. Biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat atau cuci seperti biasa. Ulangi dua kali seminggu sampai ketombe hilang.

Minyak Zaitun untuk Mengatasi Ketombe pada Rambut

Minyak zaitun adalah salah satu cara termudah untuk mengobati ketombe. Minyak ini memiliki manfaat kesehatan yang terkenal untuk tubuh, kulit, dan rambut.

Sehingga Anda bisa menggunakannya hanya untuk kulit kepala Anda, atau di seluruh rambut untuk manfaat tambahan. Sebelum dicuci, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala saat rambut kering. Tunggu 10 menit, dan cuci bersih.

Jus Lemon

Minum jus lemon membantu mengembalikan tingkat ph alami tubuh Anda menjadi normal. Itu juga berlaku untuk kulit kepala Anda yang menjadikan jus lemon pengobatan yang efektif untuk ketombe.

Rambut dan kulit kepala Anda juga memiliki tingkat ph optimal dan penting untuk menjaga keseimbangannya. Buat jus setengah hingga 1 lemon dan oleskan jus itu ke kulit kepala dan rambut Anda.

Biarkan selama 25 menit, kulit kepala Anda mungkin gatal selama penggunaan, tetapi ini adalah reaksi normal terhadap perawatan. Cuci rambut seperti biasa.

Itulah cara-cara yang bisa Anda praktekkan di rumah untuk mengatasi ketombe pada rambut. Semoga bermanfaat. (GaluhID)

Loading...
loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA