oleh

Menghidupkan Permainan Tradisional Melalui Bazar Siaga Pramuka di Banjarsari Ciamis

Hubungi
 
 

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pramuka (HUT) ke-57 Kwartir Ranting Banjarsari dan Banjaranyar Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Bazar Siaga Pramuka. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Desa Banjarsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Bazar Siaga tahun ini dikemas dalam bentuk permainan tradisional yang menantang adrenalin peserta yang ikut serta dalam perlombaan.

Kegiatan Bazar Siaga ini dibuka langsung oleh H. Dedi Supriadi, S.Pd, M.Si selaku Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Banjarsari dan dilanjutkan dengan seremonial pembukaan kegiatan Bazar Siaga melalui pelepasan burung merpati oleh H. Tatang, S.Ag, M.Pd dari Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis.

Loading...

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan berbagai macam jenis perlombaan permainan bowling yang dimodifikasi, menggiring balon menggunakan tampir, memburu tikus, meniti bambu dan memancing botol. Sebanyak 150 pembina pramuka dan 750 peserta dari Sekolah Dasar Se-Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar berpartisipasi dalam acara ini.

Kegiatan ini dilandasi keprihatinan para penggiat Pramuka terhadap permainan tradisional yang keberadaannya mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Kegiatan Bazar Siaga dimaksudkan untuk melatih kekompakan, keuletan, dan kerja keras.

Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Banjarsari, Nurholis mengatakan, “Bazar Siaga dilaksanakan selama satu hari penuh, kami melombakan berbagai macam permainan yang menyenangkan. Tujuan kegiatan ini, kami berharap peserta siaga dapat menikmati permainan ini sebagai ajang silaturahmi, aktualisasi diri terhadap lingkungan, serta mampu menerapkan kesadaran pramuka dalam kehidupan sehari-hari.”

“Kegiatan Bazar Siaga sebetulnya bagian dari ajang pengenalan diri dan penerapan konsep belajar sambil bermain, bermain sambil belajar bagi peserta,” ungkap Nurholis, S.Pd, Sabtu (11/08/2018).

Sementara menurut Jamjam, salah satu pembina Pramuka mengatakan, “Alhamdulilah, kegiatan yang dilaksanakan dari pagi hingga selesai, adik-adik siaga terlihat antusias dalam mengikuti perlombaan. Tidak ada satupun rona wajah mereka yang muram, semuanya nampak gembira mengikuti kegiatan yang diperlombakan. dirasakan sekali oleh adik-adik Siaga. Saya berharap tahun depan kegiatan ini bisa terlaksana kembali,” ungkapnya.

Tio (9), pelajar kelas III dari SD Negeri 1 Ciherang Kecamatan Banjarsari mengungkapkan dirinya sangat senang dapat mengikuti Bazar Siaga karena dapat menemukan permainan baru yang menyenangkan, serta dapat berkenalan dengan teman-teman dari sekolah lain.
“saya sangat senang dengan Pramuka, apalagi dengan permainan dalam kegiatan Bazar ini. Saya mendapat teman-teman baru yang baik dan menyenangkan. Setelah perlombaan ini selesai, besok saya akan melakukannya kembali di sekolah,” ujar Tio.

(Yanyan Iskandar) Ciamis-Galuh ID

loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA