Selasa, 19 Januari 2021
Selasa, 19 Januari 2021
 
 

Meski Cantik, Sumur Unik di Ciamis ini Angker

Berita Ciamis, galuh.id – Belum lama ini ditemukan sumur unik di Ciamis, yang memiliki 7 sumber mata air. Warnanya jernih, bahkan tak pernah surut saat kemarau. Konon katanya sudah ada sejak zaman kerajaan.

Sumur ini dinamai Sumur Tujuh Hulu Caruluk, sesuai dengan nama tempatnya, yakni blok Caruluk. Tepatnya di Dusun Majaprana, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Warga setempat sebelumnya tidak mengetahui bahwa di wilayahnya terdapat tujuh sumur yang berjajar dan saling berdekatan.

Mereka hanya tahu satu sumur berukuran besar yang dimanfaatkan untuk air bersih dan dipergunakan untuk pengairan di area persawahan.

Sebagian sumur ini masih tertutup rerumputan. Lokasi sumur ini juga dikabarkan angker. Jadi wajar banyak warga yang belum tahu keberadaan sumur tersebut.

Sumur unik di Ciamis ditemukan relawan budaya

Sumur itu pertama kali ditemukan oleh relawan budaya Ciamis, Muhammad Solehan (38). Dia menemukannya saat sedang survei membuat rute jalan untuk acara sepeda gowes.

Dia juga mengaku melihat banyak pohon Hanjuang yang merupakan ciri khas dari kerajaan Galuh. Pohon hanjuang itu berjajar di sekitar lokasi sumur unik tersebut.

“Saya curiga kemungkinan disini ada peninggalan. Ternyata menemukan 7 sumur ini. Sumur tertutup rerumputan. Jadi banyak yang tak tahu bahwa itu sumur,” ujar Solehan, Sabtu (6/6/2020).

Peninggalan zaman kerajaan Galuh

Menurut Solehan, sumur unik itu seperti bukan buatan di zaman sekarang. Dia menduga sumur itu telah ada sejak zaman kerajaan Galuh, yang digunakan untuk pengairan.

Beberapa batu di pinggir lokasi sumur unik di Ciamis pun terlihat menyerupai berbagai bentuk. Salah satu batunya ada yang berbentuk seperti kepala ‘bangkong’ (katak).

Kendati demikian, batu yang menyerupai kepala katak yang berada di pinggir lokasi sumur itu belum bisa dipastikan apakah peninggalan bersejarah atau bukan.

Dari pantauan di lokasi, diameter sumur itu ukurannya terlihat tidak terlalu besar. Pinggiran sumurnya dikelilingi batu yang telah berlumpur dan berukuran sedang.

Air yang dihasilkan dari sumur unik di Ciamis itu pun cukup jernih, meski permukaan sumurnya dipenuhi dedaunan kering yang jatuh.

Tapi, ada 1 sumur yang tidak berfungsi karena tertutup oleh longsoran tanah. Sumur itu berada di bawah tebing dan mengelilingi area persawahan.

Sumur tak pernah surut dan sedikit angker

Lebih mengherankan lagi, saat datang musim kemarau, air di dalam sumur unik di Ciamis ini bahkan tidak pernah surut. Sumur ini juga terlihat sangat dalam.

”Sumur ini tak pernah surut meski kemarau,” ujar Solehan.

Namun karena lokasi sumur dianggap sedikit angker, warga jadi enggan datang ke tempat ini. Sehingga banyak yang belum tahu keberadaan sumur unik di Ciamis.

Kata Solehan, jika ditata dengan baik, sumur unik di Ciamis dengan 7 sumber mata air ini dapat berpotensi menjadi destinasi wisata di kabupaten Ciamis.

“Kalau ditata dengan rapih dan dibersihkan, bisa menjadi salah satu potensi wisata,” jelas Solehan.

Warga dari luar datang ingin penglaris

Meski banyak warga setempat yang belum tahu sumur unik ini, namun ternyata ada beberapa warga dari luar yang datang dan mandi di lokasi sumur.

Warga dari luar ini datang secara diam-diam ke lokasi sumur. Biasanya, mereka ditemukan di malam tertentu. Kedatangan mereka ke lokasi sumur terkait dengan mitos.

“Sempat lihat beberapa kali ada warga diam-diam datang. Tapi bukan warga disini. Kemungkinan datang untuk tujuan tertentu. Seperti laris berdagang dan sejenisnya,” terang Solehan.

Digunakan untuk pengairan sawah dan air bersih

Sementara itu, Kepala Dusun Majaprana Hilman Somantri, membenarkan adanya temuan 7 sumur tersebut. Namun selama ini banyak warga yang tak mengetahui keberadaan sumur unik tersebut.

Menurut Hilman, warga hanya mengetahui 1 sumur yang ukurannya cukup besar. Sumur ini digunakan warga untuk pengairan sawah dan keperluan air bersih.

Pihaknya juga mengaku belum memiliki rencana apapun terkait penemuan sumur unik di Ciamis dengan 7 sumber mata air tersebut. Saat ini sumur dimanfaatkan warga, terutama saat musim kemarau.

“Belum rencanakan apa-apa. Harus rembugan dulu, dibahas. Sumur saat ini dimanfaatkan warga, terutama saat kemarau. Untuk wisata atau hal lainnya belum. Yang jelas untuk pengairan,” pungkas Hilman.

Bagi anda yang penasaran dengan sumur unik di Ciamis ini, anda bisa datang ke lokasi sumur. Anda bisa langsung melihat 7 sumur berjajar, berikut batu yang menyerupai kepala katak. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Viral Video Data UMKM Dibuang di Selokan Banjarsari Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Video yang berisi tentang formulir data UMKM dibuang ke selokan Banjarsari Ciamis oleh oknum, viral di media sosial Facebook dan...

Anak KPM PKH Ciamis Kuliah Gratis dan Dapat Uang di STIMIK DCI Tasikmalaya

Berita Ciamis, galuh.id - Anak KPM PKH Ciamis selain mendapatkan kuliah gratis, juga akan mendapatkan uang saku tiap bulannya. Puluhan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM)...

Angin Puting Beliung di Cikoneng Ciamis, Belasan Rumah Warga Rusak

Berita Ciamis, galuh.id - Angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan belasan atap rumah warga rusak. Hujan deras serta angin puting...

Temukan Kami

48,134FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya