Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Meski Cantik, Sumur Unik di Ciamis ini Angker

Berita Ciamis, galuh.id – Belum lama ini ditemukan sumur unik di Ciamis, yang memiliki 7 sumber mata air. Warnanya jernih, bahkan tak pernah surut saat kemarau. Konon katanya sudah ada sejak zaman kerajaan.

Sumur ini dinamai Sumur Tujuh Hulu Caruluk, sesuai dengan nama tempatnya, yakni blok Caruluk. Tepatnya di Dusun Majaprana, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Warga setempat sebelumnya tidak mengetahui bahwa di wilayahnya terdapat tujuh sumur yang berjajar dan saling berdekatan.

Mereka hanya tahu satu sumur berukuran besar yang dimanfaatkan untuk air bersih dan dipergunakan untuk pengairan di area persawahan.

Sebagian sumur ini masih tertutup rerumputan. Lokasi sumur ini juga dikabarkan angker. Jadi wajar banyak warga yang belum tahu keberadaan sumur tersebut.

Sumur unik di Ciamis ditemukan relawan budaya

Sumur itu pertama kali ditemukan oleh relawan budaya Ciamis, Muhammad Solehan (38). Dia menemukannya saat sedang survei membuat rute jalan untuk acara sepeda gowes.

Dia juga mengaku melihat banyak pohon Hanjuang yang merupakan ciri khas dari kerajaan Galuh. Pohon hanjuang itu berjajar di sekitar lokasi sumur unik tersebut.

“Saya curiga kemungkinan disini ada peninggalan. Ternyata menemukan 7 sumur ini. Sumur tertutup rerumputan. Jadi banyak yang tak tahu bahwa itu sumur,” ujar Solehan, Sabtu (6/6/2020).

Peninggalan zaman kerajaan Galuh

Menurut Solehan, sumur unik itu seperti bukan buatan di zaman sekarang. Dia menduga sumur itu telah ada sejak zaman kerajaan Galuh, yang digunakan untuk pengairan.

Beberapa batu di pinggir lokasi sumur unik di Ciamis pun terlihat menyerupai berbagai bentuk. Salah satu batunya ada yang berbentuk seperti kepala ‘bangkong’ (katak).

Kendati demikian, batu yang menyerupai kepala katak yang berada di pinggir lokasi sumur itu belum bisa dipastikan apakah peninggalan bersejarah atau bukan.

Dari pantauan di lokasi, diameter sumur itu ukurannya terlihat tidak terlalu besar. Pinggiran sumurnya dikelilingi batu yang telah berlumpur dan berukuran sedang.

Air yang dihasilkan dari sumur unik di Ciamis itu pun cukup jernih, meski permukaan sumurnya dipenuhi dedaunan kering yang jatuh.

Tapi, ada 1 sumur yang tidak berfungsi karena tertutup oleh longsoran tanah. Sumur itu berada di bawah tebing dan mengelilingi area persawahan.

Sumur tak pernah surut dan sedikit angker

Lebih mengherankan lagi, saat datang musim kemarau, air di dalam sumur unik di Ciamis ini bahkan tidak pernah surut. Sumur ini juga terlihat sangat dalam.

”Sumur ini tak pernah surut meski kemarau,” ujar Solehan.

Namun karena lokasi sumur dianggap sedikit angker, warga jadi enggan datang ke tempat ini. Sehingga banyak yang belum tahu keberadaan sumur unik di Ciamis.

Kata Solehan, jika ditata dengan baik, sumur unik di Ciamis dengan 7 sumber mata air ini dapat berpotensi menjadi destinasi wisata di kabupaten Ciamis.

“Kalau ditata dengan rapih dan dibersihkan, bisa menjadi salah satu potensi wisata,” jelas Solehan.

Warga dari luar datang ingin penglaris

Meski banyak warga setempat yang belum tahu sumur unik ini, namun ternyata ada beberapa warga dari luar yang datang dan mandi di lokasi sumur.

Warga dari luar ini datang secara diam-diam ke lokasi sumur. Biasanya, mereka ditemukan di malam tertentu. Kedatangan mereka ke lokasi sumur terkait dengan mitos.

“Sempat lihat beberapa kali ada warga diam-diam datang. Tapi bukan warga disini. Kemungkinan datang untuk tujuan tertentu. Seperti laris berdagang dan sejenisnya,” terang Solehan.

Digunakan untuk pengairan sawah dan air bersih

Sementara itu, Kepala Dusun Majaprana Hilman Somantri, membenarkan adanya temuan 7 sumur tersebut. Namun selama ini banyak warga yang tak mengetahui keberadaan sumur unik tersebut.

Menurut Hilman, warga hanya mengetahui 1 sumur yang ukurannya cukup besar. Sumur ini digunakan warga untuk pengairan sawah dan keperluan air bersih.

Pihaknya juga mengaku belum memiliki rencana apapun terkait penemuan sumur unik di Ciamis dengan 7 sumber mata air tersebut. Saat ini sumur dimanfaatkan warga, terutama saat musim kemarau.

“Belum rencanakan apa-apa. Harus rembugan dulu, dibahas. Sumur saat ini dimanfaatkan warga, terutama saat kemarau. Untuk wisata atau hal lainnya belum. Yang jelas untuk pengairan,” pungkas Hilman.

Bagi anda yang penasaran dengan sumur unik di Ciamis ini, anda bisa datang ke lokasi sumur. Anda bisa langsung melihat 7 sumur berjajar, berikut batu yang menyerupai kepala katak. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...