Kamis, 21 Januari 2021
Kamis, 21 Januari 2021
 
 

MTQ Jabar Ke-36, Sekda Ciamis Ajak Masyarakat Amalkan Al-Quran Sebagai Media Dakwah

Berita Ciamis, galuh.id – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat kembali digelar di tahun ini. MTQ Jabar ke-36 tahun 2020 digelar di halaman Kantor Bupati Subang pada Jumat (04/09/2020) malam.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan dihadiri Wakil Gubernur Jabar, Ketua LPTQ Nasional, Ketua LPTQ Jabar, Forkopimda Jabar yang diwakili Kapolda Jabar.

Kemudian dihadiri juga oleh Sekda Provinsi Jabar, Kepala Panwil Jawa Barat, Bupati Dan Wakil Bupati Subang, bupati dan walikota se-Jawa Barat, serta dari berbagai unsur lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis Toto Marwoto yang mewakili Bupati Ciamis mengatakan, tujuan kegitan tersebut adalah untuk memasyarakatkan Al’Quran dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an sebagai media dakwah dan Syi’ar islam.

Musabaqah Tilawatil Qur’an digelar dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an. Khususnya di Kabupaten Ciamis.

”Tujuannya memasyarakatkan dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an sebagai media dakwah dan Syi’ar islam. Meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an. Khususnya di Kabupaten Ciamis,” katanya.

MTQ Jabar Ke-36 Saat Pandemi Digelar Sederhana

Toto pun berharap semoga tujuan dari kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke 36 tingkat provinsi Jabar ini bisa dimaknai dan diaplikasikan oleh masyarakat, terutama para kafilah perwakilan Ciamis.

“Untuk para kafilah perwakilan Ciamis. Semoga mereka dapat mengikuti perlombaan dengan sebaik-baiknya. Tetap menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan MTQ Jawa Barat tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kali ini, penyelengggraan MTQ Jabar dilaksanakan secara sederhana dan penuh keterbatasan dengan menerapkan protokol kesehatan. Meski digelar sederhana namun tidak mengurangi maknanya.

Ridwan Kamil berharap, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Jabar di tengah pandemi ini tidak mengurangi makna penyelenggaraan MTQ, yaitu membumikan Al-Qur’an.

“Meski digelar di tengah pandemi Covid. Tapi semoga tidak mengurangi makna penyelenggaraan MTQ. Yaitu membumikan Al-Qur’an. Dalam rangka mewujudkan generasi Qur’an menuju Jabar Juara Lahir Batin,” katanya. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Masa Pandemi Covid-19, Promosi Pariwisata Ciamis Tetap Dilakukan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis terus berupaya promosi pariwisata melalui digitalisasi untuk menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Ciamis, Toto Rismanto,...

Temukan Kami

48,124FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya