oleh

Obat Alami untuk Asam Urat, Aman Tanpa Efek Samping

Hubungi
 
 

Obat alami untuk asam urat yang aman dan tanpa efek samping bisa memanfaatkan buah-buahan dan makanan yang gampang didapatkan.

Asam Urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Tidak ada obat khusus untuk penyakit asam urat, namun kombinasi obat-obatan dan pengobatan rumahan dapat membantu menjaga asam urat agar tetap sehat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol yang Mudah Dilakukan

Asam Urat terjadi ketika tubuh membangun terlalu banyak asam urat. Asam ini adalah produk sampingan saat tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan.

Perubahan pola makan disinyalir dapat membantu seseorang mengurangi kadar purinnya dan kemungkinan mengalami Asam Urat.

Obat Alami untuk Asam Urat

Memanfaatkan buah-buahan bisa jadi salah satu solusi untuk mengobati asam urat, selain itu ada juga bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan oleh penderita asam urat. Berikut daftarnya:

Ekstrak Biji Seledri

Mengonsumsi ekstrak biji seledri dan jus seledri. Ekstrak biji seledri sebenarnya telah terbukti mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan yang bertanggung jawab atas manfaat seledri ini termasuk asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulic, ditambah flavaol seperti quecetin.

Biji seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi yang diperburuk oleh peradangan: nyeri sendi (seperti dari arthritis), asam urat, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, sindrom iritasi usus , dan infeksi saluran kemih, hanya untuk menyebutkan beberapa.

Anda dapat membeli ekstrak biji seledri sebagai obat alami untuk asam urat. Anda juga dapat menggunakan juicer sayuran untuk menghasilkan jus seledri atau hanya memakan seledri sepanjang hari yang semuanya bagus untuk menghilangkan asam urat.

Mengangkat Sendi yang Terkena

Asam Urat dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, terutama di kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan mengangkat sendi yang terkena. Ini mendorong darah dan cairan bergerak menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

Seseorang juga dapat menggunakan paket es dalam kombinasi dengan ketinggian untuk mengurangi gejala asam urat mereka.

Meningkatkan Asupan Ikan

Beberapa ikan dalam makanan bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Ikan mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa peneliti telah menemukan beberapa ikan yang sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat.

Namun, beberapa informasi nutrisi mencantumkan tuna sebagai makanan purin tinggi, sehingga beberapa orang mungkin merasa makan tuna memperburuk gejalanya.

Selain itu, Arthritis Foundation mendaftar sejumlah ikan lain yang mengandung purin tingkat tinggi, termasuk ikan teri, sarden, dan cod.

Makan Lebih Banyak Ceri

Makan lebih banyak ceri bisa jadi obat alami untuk asam urat. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology menemukan peningkatan asupan ceri selama 2 hari mengurangi risiko serangan asam urat.

Serangan asam urat berkurang hingga 35 persen pada mereka yang sebelumnya didiagnosis mengidap penyakit asam urat.

Ceri mengandung anthocyanin tingkat tinggi, yang merupakan senyawa anti-inflamasi.

Para peneliti menemukan ada manfaat mengurangi gejala bagi mereka yang makan ceri utuh atau jus ceri, serta orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak ceri.

Mereka juga menemukan pengurangan risiko 75 persen untuk serangan asam urat ketika seseorang mengonsumsi ceri selain minum obat asam urat.

Minum Air Lemon

Para penulis sebuah studi beberapa tahun lalu menemukan bahwa menambahkan jus dari dua lemon yang baru diperas ke dalam 2 liter air setiap hari mengurangi asam urat pada orang yang menderita encok.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga diyakini bisa jadi obat alami untuk asam urat.

Membatasi Asupan Alkohol

Menurut Arthritis Foundation, minum lebih dari dua minuman keras atau dua bir per hari meningkatkan risiko seseorang menderita asam urat.

Bir mengandung banyak purin, jadi menghindarinya bisa mengurangi sakit akibat serangan penyakit asam urat.

Itulah obat alami untuk asam urat yang bisa membantu penderitanya. Menjaga pola makan dan membatasi makanan dengan purin tinggi juga bermanfaat mengurangi serangan asam urat. (GaluhID)

Loading...
loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA