Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Orang Gila Memiliki Hak Pilih? Berikut Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Ciamis

Ciamis, galuh.id – Dr. Agus Fatah Hidayat, SIP. MSi, Ketua KPU Kabupaten Ciamis menjelaskan kaum difabel memiliki hak suara yang sama, sehingga bisa menjadi peserta pemilu, termasuk juga memiliki hak pilih.

Sekitar 4.212 difabel tercatat sebagai peserta pemilu dan memiliki hak pilih di kabupaten Ciamis, termasuk di dalamnya penyandang tuna rungu, tuna wicara dan tuna grahita. Menurut Agus, yang menjadi sorotan adalah para penyandang tuna grahita atau mereka yang memiliki memiliki penyakit keterbelakangan mental dengan IQ di bawah rata-rata.

“Penyakit tersebut bukan cacat permanen,” kata Agus saat menggelar acara silaturahmi KPU Kabupaten Ciamis dengan para wartawan di Aula Kantor KPU Kabupaten Ciamis, Selasa (12/02/2019).

Penyandang Tuna Grahita tersebut, kata Agus, bukan orang gila seperti orang gila yang suka berkeliaran di jalan. “Ada aturan yang mengatur penyandang tuna grahita bisa jadi peserta Pemilu. Salah satunya adalah harus ada surat keterangan dari dokter sebagai syarat untuk dimasukkan ke dalam hak suara,” terang Agus.

“Selain itu, saat pendataan itu harus ada persetujuan dari pihak keluarganya, sehingga para penyandang tuna grahita memiliki hak suara dalam Pemilu 2019,” kata Agus.

Data di KPU Kabupaten menunjukkan Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Cipaku merupakan kecamatan yang paling banyak dihuni kaum difabel. Di Kecamatan Pamarican sendiri ada 400 orang penyandang disabilitas.

Sementara itu, KPU Kabupaten Ciamis sendiri memiliki target partisipasi keikutsertaan dalam Pemilu 2019 dari KPU Pusat, yaitu sebesar 77,75%. Sedangkan dalam Pilkada 2018 kemarin, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Ciamis sebesar 78,41%.

Agus juga mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk berbondong-bondong pergi ke TPS untuk mengikuti pemilihan legislatif dan pemilihan presiden nanti agar target tersebut bisa tercapai.

Para wartawan pada saat bersilaturahmi dengan KPU Kabupaten Ciamis di Aula KPU Ciamis, Senin (12/02/2019)

Hal tersebut dijelaskan dalam Silaturahmi yang digelar KPU Kabupaten Ciamis dengan para wartawan di Aula Kantor KPU Kabupaten Ciamis, Selasa (12/02/2019). Dalam silaturahmi tersebut, KPU juga memperkenalkan Komisoner KPU Kabupaten Ciamis periode 2018-2023, yaitu sebagai berikut:

Ketua KPU Kabupaten Ciamis: Dr. Agus Fatah Hidayat, SIP. MSi

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan: Sarno Maulana Rahayu, M.Pd

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi: Said Attanjani, S.sos.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan: Oong Ramdani, S.Pd

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM: Muharam Kurnia Drajat, ST.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.