oleh

Panas dan Polusi Menyerang, Begini Cara Jaga Kesehatan Rambut

 
 

Kesehatan, galuh.id – Polusi udara semakin hari semakin tidak bersahabat. Musim kemarau yang panjang ini menambah polusi kota. Memang tidak bisa dipungkiri kondisi ini membuat banyak orang khawatir saat harus beraktivitas di luar ruangan, karena ancaman polutan yang bisa mengganggu kesehatan.

Namun perlu disadari juga, kondisi udara yang buruk tidak hanya menjadi ancaman bagi pernapasan tapi juga kulit dan rambut. Udara yang panas disertai debu dan asap kendaraan dapat menyebabkan kulit kepala dipenuhi kotoran, rambut kusam, hingga yang paling parah ancaman kebotakan dini.

Hal ini wajib diatasi sedini mungkin. Bagaimana menjaga rambut dari kerusakan akibat polusi? Yuk simak berikut ini.

  • Keramas teratur

Meski sederhana, namun ini faktor penting untuk menjaga rambut dari kerusakan polusi. Namun bukan hanya sekedar keramas biasa, kamu harus rutin teratur keramas. Misal rutin keramas dua hari sekali.

Bukan hanya semau-mau tanpa rutin. Mendiamkan rambut yang sering terpapar polusi terlalu lama karena berbagai kotoran tersebut dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala.

Keramas memang penting namun jangan sampai kamu terlalu sering mencuci rambut. Over washing pada rambut dapat mengikis pelembab alami pada kulit kepala dan membuatnya semakin kering.

  • Berhati-hati saat menyisir rambut

Seringnya terpapar polusi udara dapat melemahkan kekuatan rambut, rambut menjadi rentan patah, rontok dan bercabang. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan menyisir dan hair styling dengan lembut.

Cara terbaik menyisir rambut adalah dimulai dengan menyisir rambut bagian bawah sebelum ke bagian atas rambut. Tidak hanya itu, haruslah berhati-hati saat melakukan styling terutama jika menggunakan alat pemanas seperti catok.

  • Menjaga kelembaban kulit kepala

Jika pelembab adalah kunci hidrasi bagi kulit wajah, maka kondisioner dan masker rambut memegang peranan penting untuk melindungi rambut dari masalah kekeringan.

Setidaknya kamu melakukan hair treatment sesederhana masker rambut sekali dalam seminggu jika memiliki kegiatan yang padat.
Gunakan pula bahan-bahan yang melembabkan seperti minyak jojoba yang dapat melembabkan sekaligus memperkuat lapisan hydro-lipid alami yang melapisi rambut agar tetap lembab. Kamu pun bisa menambahkan vitamin rambut untuk lebih menjaga kesehatan rambut. (galuh. id/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA