Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Pantai Batu Karas Pangandaran dan Ciwidey Tutup Sementara

Berita Jabar, galuh.id – Tutup sementara untuk destinasi wisata Pantai Batu Karas Pangandaran dan juga Ciwidey setelah adanya luapan wisatawan.

Wisatawan membludak memenuhi Pantai Batu Karas, sehingga tidak mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan bahkan wisatawan tidak memakai masker.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengambil keputusan untuk menutup destinasi wisata di Batu Karas.

Kebijakan ini, Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran tersebut setelah adanya lonjakan wisatawan hingga terjadi kerumunan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik menuturkan, pengambilan keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi Pemda Provinsi Jabar.

“Penutupan tempat wisata Batu Karas mulai pukul 00.00, Ini hasil rapat koordinasi dengan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran,” kata Dedi, Sabtu (15/5/2021).

Dedi menambahkan belum ada penentuan waktu sampai kapan penutupan Batu Karas berakhir atau akan kembali buka.

Pantai Batu Karas Pangandaran Tutup, Penyekatan Pada Beberapa Titik

Selain memberlakukan tutup sementar objek wisata Batu Karas, pemerintah juga melakukan penyekatan di kawasan Kalipucang dan juga gerbang Pantai Pangandaran.

Dedi mengatakan, melakukan penyekatan tersebut memiliki tujuan untuk mengendalikan kunjungan wisatawan sekaligus mencegah penularan COVID-19.

“Rapat juga sudah memutuskan akan ada penyekatan di kawasan Kalipucang, juga di gate (gerbang) Pangandaran secara ketat,” jelas Dedi.

Menurut Dedi, berdasarkan hasil laporan dan pantauan di sejumlah destinasi wisata, khususnya Pantai Batu Karas, wisatawan yang berkunjung meningkat signifikan.

Petugas gabungan pun membubarkan pengunjung dan memutarbalikkan kendaraan yang akan masuk Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran.

“Tingkat kunjungan memang tinggi, kami mengerti momen liburan ini masyarakat ingin berwisata, tapi ingat protokol kesehatan sangat penting,” jelas Dedi.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna pun menyampaikan penutupan sementara destinasi wisata yang berada di wilayahnya.

Menurut Dadang, pihaknya menutup sementara destinasi wisata di kawasan PACIRA (Pasir Jambu, Ciwidey, Ranca Bali), Kabupaten Bandung.

“Sehubungan sudah ada instruksi dari Istana melalui Gubernur Jawa Barat, mengenai tempat wisata PACIRA dengan sangat menyesal, kami tutup,” jelasnya.

Dadang juga menambahkan penutupan sementara tersebut sambil melihat situasi yang berkembang, jika memungkinkan akan buka kembali.

“Mohon maklum kami tutup sementara untuk keselamatan kita semua dan terima kasih atas kerja samanya,” pungkas Dadang.(GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan