Kamis, 28 Januari 2021
Kamis, 28 Januari 2021
 
 

Pasien Positif Covid-19 di Ciamis Bertambah, Total 17 Orang

Berita Ciamis, galuh.id – Kasus pasien positif Corona di Ciamis bertambah 2 orang. Tercatat total menjadi 17 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Selasa (30/06/2020).

Data ini berdasarkan dari Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Ciamis. Lalu dilihat dari peta risiko Covid-19 di Ciamis, pasien positif Covid-19 yang terkonfirmasi berada dalam wilayah Puskesmas Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Karena itu, dalam peta tersebut, Desa Handapherang menjadi zona merah.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Ciamis, dr Bayu Yudiawan membenarkan adanya penambahan pasien positif Corona di Kabupaten Ciamis.

Pasien Positif Covid-19 di Ciamis Bertambah 2 Orang

Untuk sementara dia belum bisa menjelaskan secara rinci riwayat 2 orang terkonfirmasi positif tersebut. Saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran.

“Iya ada penambahan kasus konfirmasi 2 orang, untuk riwayatnya kita masih telusur tracking dan tracing,” ujar Bayu, Rabu (01/07/2020).

Untuk kasus terbaru ini, ungkapnya, kemungkinan transmisi lokal dan salah satunya masih penyebaran di daerah Simpar, Panjalu.

Terkait transmisi lokal sendiri, yakni suatu istilah dimana penularan Covid-19 berasal dari satu daerah yang sama.

Selain transmisi lokal, istilah lainnya adalah imported case. Berbeda dengan transmisi lokal, imported case berarti penularan Covid-19 berasal dari luar daerah.

“Pasien baru tersebut, termasuk orang tanpa gejala. Lalu untuk sementara mohon bersabar sampai telusur ini lengkap dan salah satunya masih penyebaran di daerah Simpar (Panjalu),” katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya satu orang pasien asal Panjalu meninggal dunia di RSUD Ciamis. Setelah dilakukan swab test, pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, kasus yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis, dengan adanya penambahan 2 orang ini, tercatat total menjadi 17 orang. “Seminggu ke belakang terkonfirmasi positif sebanyak 4 pasien di Kabupaten Ciamis,” imbuhnya.

Rinciannya, kata Bayu, 8 orang dinyatakan sembuh, 8 orang menjalani isolasi mandiri dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara itu, di Ciamis sendiri saat ini tengah menerapkan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), Bayu mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. (GaluhID/Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Warga Lakbok Ciamis Ditemukan Meninggal di Sungai Apur

Berita Ciamis, galuh.id - Ali Musyafa (26) warga Dusun Padaemut RT 13 RW 08 Desa Kertajaya, Lakbok Kabupaten Ciamis ditemukan meninggal dunia di sungai...

Longsor di Imbanagara Ciamis, Atap Rumah Warga Hancur

Berita Ciamis, galuh.id - Longsor di Imbanagara Ciamis, Rumah milik Maman (34) warga Dusun Majalaya RT 02 RW 06 Desa Imbanagara Raya, Kecamatan/Kabupaten Ciamis,...

DPRD Ciamis Bentuk Pansus Program Sembako, Ini Alasannya

Berita Ciamis, galuh.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis membentuk panitia khusus (Pansus) Program Sembako sejak Jumat (22/1/2021). Lalu, apa tujuan pembentukan Pansus...

Temukan Kami

48,094FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya