oleh

Pegiat Seni Tradisional Sunda di Ciamis Produksi Masker

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Pegiat seni tradisional Sunda di Ciamis saat ini turut serta produksi masker yang kini langka di pasaran.

Meskipun hanya masker kain, tapi bisa menjadi alternatif saat masker medis sulit dicari dan jika ada pun harganya melambung tinggi.

Adalah Ncep Indra Bilal, pegiat seni tradisional Sunda di Ciamis yang kini produksi masker kain dengan melibatkan ibu-ibu yang berada di lingkungan tempat tinggalnya.

Bilal sapaan akrabnya menyampaikan, untuk produksi masker kain tersebut, dirinya memberdayakan ibu-ibu yang tidak mendapatkan penghasilan karena kondisi saat ini.

“Saya berdayakan ibu-ibu ini yang tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan karena kondisi saat ini, semoga bisa membantu” jelas Bilal.

Dengan diberdayakannya ibu-ibu tersebut, Bilal berharap bisa membantu perekonomian keluarganya masing-masing yang mendapatkan imbas dari penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Upaya memberdayakan ibu-ibu tersebut bukan hanya pada mereka yang bisa menjahit saja, ibu-ibu yang tidak bisa menjahit pun bisa turut serta.

Menurut Bilal, untuk ibu-ibu yang tidak memiliki keahlian menjahit bisa turut serta dengan membuang benang dan juga pengepakan masker tersebut.

“Tidak hanya memberdayakan yang memiliki keahlian menjahit saja, ibu-ibu yang tidak bisa pun bisa turut serta saat finishing,” jelas Bilal.

Belanja kain dan membuat pola, Bilal lakukan sendiri berbekal pengalamannya pernah bekerja di perusahan konveksi di Jakarta selama 12 tahun.

Bermodalkan Pengalaman Sebagai Penjahit

Sehingga pengalaman sebagai penjahit tersebut menjadi salah satu modal tercetusnya ide untuk produksi masker kain dan melibatkan ibu-ibu di lingkungannya.

Untuk kain yang digunakan, Bilal menggunakan kain oxford yang biasa digunakan untuk masker yang dijual di apotek.

Untuk harga menurut pria yang beralamat di Kampung Babakan Kondang Sindangsari Cikoneng Ciamis ini bervariatif kisaran Rp. 3.500 sampai Rp. 5.000 per pieces.

Sehari Bilal bersama ibu-ibu bisa produksi masker kain sebanyak 500 pieces, dengan berbagai warna sehingga banyak pilihan sesuai selera.

Selain menggunakan kain oxford, menurut pria yang mahir memainkan karinding ini kelebihannya adalah masker tersebut bisa diantar langsung pada pembeli.

Menurut pria yang juga dikenal sebagai youtuber dan pembuat konten ini, order masker kain bisa menghubungi nomor 082217568840.

“Harapannya kami bisa membantu saat masker sulit ditemukan di pasaran, untuk pemesanan kami upayakan cepat dan bisa diantar,” pungkas Bilal. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA