Sabtu, 25 September 2021
Sabtu, 25 September 2021
spot_img

Pelaku UMKM di Ciamis Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Digitalisasi

Berita Ciamis, galuh.id – Sebanyak 25 orang pelaku UMKM di Ciamis mengikuti pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi di Hotel Larisa Ciamis, Rabu (22/7/2020).

Pelatihan untuk para Pelaku Usaha Kecil Menengah tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis selama 3 hari.

Kegiatan bertujuan menyiapkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar memiliki kapasitas lebih baik dalam pengelolaan manajemen dan berdaya saing.

Sehingga para pelaku usaha kecil menengah atau UKM di Ciamis dapat memajukan dan meningkatkan usahanya. Mulai dari skala mikro, kecil, dan seterusnya.

Pelaku UMKM di Ciamis Perlu Pelatihan Kewirausahaan

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, David Firdha mengatakan, pelatihan untuk para pelaku UKM perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan berkesinambungan.

Pelatihan perlu dilakukan melalui perkembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan perlindungan dan pengembangan usaha yang seluas-luasnya.

Untuk itu, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis akan berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan bimbingan dan pembinaan kepada UMKM melalui pelatihan kewirausahaan.

“Kita akan terus berupaya semaksimal mungkin. Untuk memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap UMKM. Melalui pelatihan kewirausahaan ini,” katanya.

Pelatihan untuk Kompetensi dan Daya Saing

David menjelaskan, tujuan kegiatan pelatihan ini untuk menyiapkan pelaku UMKM agar memiliki kapasitas lebih baik lagi dalam pengelolaan usahanya.

Selain itu, juga menumbuhkembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan ekonomi yang berkeadilan.

Dalam kegiatan ini, ia sengaja mengundang beberapa pemateri yang dianggap penting dalam hal pemasaran, pengelolaan, perizinan serta kesehatan bagi produk UMKM yang nanti akan dijual.

“Pematerinya ada dari Dinas Kesehatan, Disnaker, Bank BJB, Dinas Perizinan. Dari kita juga ada, lalu dari Balatdik KUK Profesional dan Praktisi Provinsi Jabar,” jelasnya.

David berharap, kegiatan pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat nyata dalam rangka pencapaian kompetensi dan daya saing.

Karena peran strategis UMKM di tengah ekonomi nasional ini telah membuktikan kontribusinya. Selain juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat, juga menyerap lapangan kerja.

”Maka diharapkan peserta pelaku UMKM di Ciamis dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh,” pungkas David. (GaluhID/Evi)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan