Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Pelaku Usaha Makanan Ringan di Ciamis Ikuti Sosialisasi Kemasan

Berita Ciamis, galuh.id – Pelaku usaha makanan ringan di Ciamis mengikuti sosialisasi kemasan di Aula Gedung Dekopinda Kabupaten Ciamis, Selasa (25/5/2021).

Yang menggelar kegiatan Sosialisasi Kemasan tersebut adalah Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis.

Sebanyak 25 orang pelaku usaha makanan ringan tersebut mengikuti kegiatan yang bertitel Koordinasi Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri.

Sementara itu Kabid Industri DKUKMP Kabupaten Ciamis, Enok Kursilah mengatakan, proses pengolahan, pengemasan dan kondisi penyimpanan mempengaruhi produk industry pangan.

Enok juga menjelaskan ketiga factor tersebut berkaitan erat dalam menentukan kualitas akhir pada suatu produk.

“Proses pengemasan yang baik dan tepat akan berkaitan dengan daya tahan suatu produk,” jelas Enok.

Selain itu menurut Enok, pengemasan tersebut juga berkaitan dengan jenis bahan pengemas serta kesesuaian dengan bahan.

Enok juga menambahkan, kemasan bukan hanya sekedar bungkus dari suatu produk, melainkan bermanfaat untuk beberapa keperluan dan menyesuaikan keinginan konsumen.

Fungsi Kemasan

Pada para peserta Enok menegaskan, bahwa kemasan tersebut memiliki banyak fungsi tidak hanya sekedar bungkus dan pemanis suatu produk saja.

Bahkan menurut Enok, kemasan tersebut selain menyesuaikan permintaan dari konsumen pemerintah juga turut mengatur kemasan tersebut.

Selain itu kegunaan kemasan sebagai wadah untuk produknya, kemasan juga untuk memudahkan penyimpanan produk di gudang, sehingga memudahkan pengiriman.

Kegunaan lainnya tambah Enok, kemasan bisa menjadi sarana iklan atau promosi dan juga untuk informasi.

“Dari berbagai kegunaan kemasan, yang paling memegang peranan penting adalah sebagai pelindung terhadap produk dan sebagai sarana iklan,” tegas Enok.

Untuk sebagai informasi Enok juga menjelaskan secar tidak langsung produsen telah memaparkan atau memberikan informasi tentang produk dalam kemasan tersebut.

Sehingga konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk akan merasa lebih terjamin akan kepastian serta keamanan jenis pangan produk dalam kemasan tersebut.

“Selain produsen menjelaskan produknya dalam kemasan, konsumen juga akan merasa yakin akan keamanan pangan dalam kemasan tersebut,” pungkasnya.(GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan