Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Pelatihan Digitalisasi Koperasi di Ciamis Tingkatkan Kompetensi Berbasis Digital

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Sebanyak 25 orang pengelola koperasi di Kabupaten Ciamis mengikuti pelatihan digitalisasi koperasi di Aula Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Selasa (20/10/2020).

Pelatihan digitalisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengurus koperasi dalam pengelolaan koperasi berbasis digital.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis, Ida, mengatakan pemanfaatan teknologi informasi perlu disampaikan melalui pelatihan ke pengelola koperasi di Ciamis.

Menurutnya, koperasi di Ciamis belum banyak yang bisa memanfaatkan teknologi informasi. Sehingga pencatatan keuangan hingga pelaporan masih dilakukan secara manual.

”Hal ini mengakibatkan pelayanan kepada anggota menjadi kurang maksimal,” katanya.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka harus ada peningkatan kapasitas pengurus atau pengelola koperasi yang perlu terus dilakukan secara berkesinambungan.

”Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang terus berkembang secara cepat,” ujarnya.

Maka dari itu, DKUKMP Ciamis berupaya semaksimal mungkin memberikan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas pengurus koperasi.

Terutama yang menangani pembuatan pelaporan keuangan. Agar mampu menyajikan laporan sesuai prinsip akuntansi koperasi.

Pelatihan Digitalisasi Koperasi, Kembangkan Usaha di Sektor Riil

Lebih lanjut Ida menjelaskan, kegiatan pelatihan digitalisasi ini juga nantinya bisa memberikan warna yang berbeda dalam mengelola koperasi.

Sehingga dapat memberikan motivasi kepada pengurus koperasi yang lain agar mampu melakukan inovasi-inovasi menuju kepada koperasi digital atau digitalisasi koperasi.

Dalam rangka penataan kelembagaan dan usaha koperasi, maka pihaknya mengharapkan kegiatan usaha koperasi yang bergerak di sektor rill terus dikembangkan.

”Yakni dengan memanfaatkan sarana pemasaran atau market place yang tersedia. Termasuk aplikasi yang dikembangkan Dekopinda kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Proses pengembangan koperasi, kata Ida, bukan hal yang mudah. Tetapi dengan adanya sinergitas dari semua pihak, maka koperasi di Ciamis dapat berkembang baik.

Ida berharap semua peserta dapat mengikuti pelatihan digitalisasi koperasi ini dengan baik. Sehingga nantinya semua koperasi secara bertahap dapat memanfaatkan teknologi informasi.

”Tetap pegang teguh prinsip dan jati diri koperasi dalam pengembangan usaha. Sehingga tumbuh menjadi koperasi dengan kegiatan usaha yang sehat dan berkualitas,” pungkas Ida. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020). Pasalnya warga...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker saat berkendara. Satgas...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di wilayahnya meningkat. Kepala...

Temukan Kami

48,332FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...

Kelebihan HP Oppo Reno5 Lengkap dengan Fiturnya, Simak Harganya!

Kelebihan HP Oppo Reno5 berada pada kategori kelas mid-range yang tentu saja Anda layak untuk membelinya. Bahkan seri ini memiliki harga penjualan sekitar Rp 5 jutaan...

Sinopsis Bus 657 (The Heist), Perjuangan Ayah Merampok Demi Anak

Sinopsis Bus 657 atau The Heist yang tayang malam ini pada acara Bioskop Trans TV, 4 Desember 2020 pukul 21.30 WIB. Film ini termasuk dalam...

Noken Papua, Simbol Warisan Dunia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Noken Papua muncul sebagai ikon pada Google Doodle hari ini, Jumat 4 Desember 2020. Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Indonesia. Noken sendiri...