oleh

Peluncuran Samsat J’Bret di Banjarsari Ciamis: Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah

 
 

Banjarsari, galuh.id – Untuk mempermudah pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program Samsat Jawa Barat Ngabret (Samsat J’Bret).

“Program ini merupakan program Gubernur Jawa Barat sebagai upaya pemerintah Jabar untuk mempermudah layanan wajib pajak kendaraan bermotor,” ujar wakil Bupati Ciamis saat membuka sosialisasi Inovasi pelayanan Samsat J’bret di Gedung Dakwah Banjarsari Ciamis, Kamis (22/08/2019).

Dengan adanya program Samsat J’bret ini, para wajib pajak kendaraan bisa membayar pajaknya melalui toko-toko modern yang ada di wilayahnya atau melalui aplikasi seperti Tokopedia dan lain sebagainya.

“Jadi bagi para wajib pajak akan lebih mudah untuk bayar pajak,” kata Yana.

Tujuan dari program ini merupakan salah upaya untuk meningkatkan pelayanan dan juga untuk meningkatkan PAD Kabupaten Ciamis dari pajak kendaraan.

Pada kesempatan itu pula, Wabup Ciamis memaparkan rencana pemerintah kabupaten ciamis terkait pembayaran retribusi parkir yang akan disatukan dengan pembayaran pajak, sehingga jadi satu tahun sekali.

Saat ini Pemda Ciamis tengah berencana untuk menambahkan biaya penarikan parkir dengan cara disatukan saat pembayaran pajak kendaraan.

“Untuk kendaraan motor biaya penarikan parkirnya 10.000 per tahun dan untuk kendaraan mobil sebesar 20.000 per tahun,” terang Yana.

Nantinya, lanjut Yana, dengan adanya penarikan biaya parkir setahun sekali yang disatukan saat membayar pajak kendaraan, kendaraan yang parkir di Kabupaten Ciamis akan terbebas dari retribusi parkir.

“Kami berharap dengan penarikan biaya parkir setahun sekali ini akan lebih meningkatkan PAD Ciamis dari sektor retribusi parkir,” pungkas Yana.

Pantauan Galuh ID dalam sosialisasi inovasi pelayanan Samsat J’bret dihadiri para camat dan para kepala desa se-Eks Kwadanan Banjarsari. (galuh.id/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA