Ciamis, galuh.id – Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan bantuan modal kepada korban kebakaran di Pasar Ciamis. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra didampingi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis. Bantuan diserahkan kepada salah satu perwakilan korban kebakaran, bertempat di Aula UPTD Pasar Manis Ciamis, Kamis (18/7/2019).

Wakil Bupati mengatakan bantuan modal tersebut merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap korban kebakaran Pasar Ciamis.

“Kami dari pemerintah memberikan modal untuk para korban kebakaran Pasar Ciamis yang terjadi beberapa waktu lalu, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap para korban kebakaran. Mudah-mudahan dengan diberikan bantuan ini, para korban kebakaran bisa semangat kembali untuk berjualan dan mudah-mudahan usahanya lancar,” ujar Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra kepada Galuh ID, Kamis (18/7/2019).

Selain itu, kata Yana, pihak pemerintah daerah saat ini sedang merenovasi kios yang terbakar beberapa waktu lalu. Setidaknya ada 12 kios yang menjadi korban kebakaran.

“Pemerintah saat ini sedang melakukan renovasi pada kios yang terbakar, mudah-mudahan segera selesai agar para pedagang bisa berjualan dengan nyaman,” tuturnya.

Yana berharap DKUKMP melakukan pemeliharaan pasar secara bertahap, agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami menyarankan kepada dinas terkait untuk melakukan pemeliharaan pasar secara bertahap supaya bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Selain itu, Yana menambahkan agar setiap blok di Pasar Ciamis disediakan tabung pemadam kebakaran. Tujuannya agar lebih cepat dalam hal penyelamatan awal, apabila terjadi kebakaran dan meminimalisir meluasnya kebakaran.

“Kami menyarankan setiap blok pasar disediakan tabung pemadam agar dalam penyelamatan awal bisa dilakukan secara cepat untuk meminimalisir kebakaran lebih luas lagi,” katanya.

Yana juga mengimbau kepada para pedagang pasar agar menjaga diri dan menjaga barang dagangan serta tokonya. Sebelum toko tutup agar dicek kembali barang-barangnya.

“Kami mengimbau kepada para pedagang untuk lebih bisa menjaga diri, menjaga barang dan menjaga tokonya agar lebih berhati-hati, apabila ada barang yang mudah terbakar agar diamankan dan apabila toko tutup untuk dicek kembali, takutnya ada barang yang mudah terbakar masih tersimpan dan itu bisa membahayakan. Apalagi kalau pedagangnya yang merokok kemudian membuang puntungnya, matikan terlebih dahulu supaya terhindar dari bahaya kebakaran,” paparnya.

Sementara Saeful Uyun, salah satu korban kebakaran mengatakan dirinya berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, karena telah membantu memberikan bantuan modal kepada korban kebakaran seperti dirinya.

“Kami sangat berterimakasih terhadap Pemerintah Ciamis atas kepeduliannya kepada kami, bantuan ini bagi kami merupakan penyemangat untuk lebih semangat lagi dalam berdagang,” ujarnya.

Saeful mengatakan kejadian kebakaran memberikan pelajaran bagi dirinya agar senantiasa berhati-hati.

“Kita ambil hikmahnya atas kejadian kebakaran ini dan jadi pelajaran buat para pedagang agar lebih berhati-hati, yang namanya musibah siapa yang tahu,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini