Pemdes Panumbangan Ciamis Gelar Gebyar Ramadan

61

Panumbangan, galuh.id – Pemdes Panumbangan menggelar acara Gebyar Ramadan di Alun-alun Desa Panumbangan, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Gebyar Ramadan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Panumbangan Aang Komarudin, Minggu (19/5/2019).

Rencananya Gebyar Ramadan tersebut akan berlangsung sampai Kamis, 23 Mei 2019 mendatang. Pembukaan kegiatan tersebut dimeriahkan dengan marawisan dan tausiyah.

Selain itu yang menarik perhatian adalah doorprice untuk Ibu-ibu, Bapak-bapak, anak- anak Paud dan Sekolah Dasar yang mampu menjawab beberapa kuis yang dilontarkan pembawa acara.

Kades Aang Komarudin menuturkan, acara ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk mempelajari ajaran Islam. Terutama mengisi bulan Ramadan dengan hapalan doa, niat berpuasa, doa berbuka puasa dan surat-surat pendek, seperti Al-Ikhlas.

“Disamping itu untuk memberikan santunan bagi anak-anak yang berani ke depan panggung,” ujar Aang.

Selain itu, menurut Aang, Gebyar Ramadan tersebut bertujuan untuk mengisi bulam Puasa dengan kegiatan yang positif bagi siapapun yang berkunjung ke Alun-alun Panumbangan, terutama anak-anak.

“Harapannya untuk tahun depan acara seperti ini bisa diadakan lagi dengan lebih baik dan lebih meriah lagi,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Desa Panumbangan, Mamat Samsu juga mengatakan dengan adanya para Pedagang Kaki Lima dan tempat-tempat parkir di Alun-alun Panumbangan bisa menambah pendapatan Desa yang dikelola oleh Bumdes.

“Tiap pedagang ditarif retribusi Rp. 5.000 per hari, juga bagi para pengguna alun-alun lainnya seperti Delman dan Odong-odong,” ungkap Mamat.

Galuh ID juga sempat menanyakan mengenaik perbaikan renovasi Pasar Panumbangan. Menurutnya pihak desa sudah mengajukan ke dinas terkait, yakni Dinas Industri, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Ciamis. Namun, kata Mamat, sampai sekarang belum ada tindak lanjut.

“Harapannya supaya Pemerintah Kabupaten Ciamis beserta dinas terkait bisa membantu renovasi Pasar Panumbangan secepatnya dikarenakan kondisi bangunan yang sudah kurang baik,” pungkasnya. (galuh.id/Edis)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini