Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Pemkab Ciamis Bangun Jalan Ratusan Kilometer di Tahun 2021

Berita Ciamis, galuh.id – Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis di tahun 2021 meningkatkan atau membangun jalan sepanjang 111,5 kilometer.

Demikian hal tersebut oleh Andang Firman selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Ciamis ungkapkan, Kamis (17/6/2021).

“Alhamdulillah kita bisa berkesempatan meningkatkan atau membangun jalan pada tahun 2021 sepanjang 111,5 kilometer meski di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini keseluruhan panjang jalan Kabupaten Ciamis adalah 848 kilometer. Dari total itu sekitar 72 persen dalam keadaan sangat baik dan sedang.

Sementara sisanya sekitar 28 persen, kondisi jalan dalam keadaan rusak ringan dan rusak berat.

Target pemkab Ciamis pada tahun 2021 ini bisa memperbaiki 20 persen jalan yang kondisinya rusak ringan maupun rusak berat.

“Target kita tahun ini bisa memperbaiki 20 persen jalan yang kondisinya rusak ringan maupun berat. Namun anggaran kita hanya mampu memperbaiki 111,5 kilometer,” ucapnya.

Lanjut Andang, anggaran untuk pembangunan jalan pada tahun ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Provinsi (Banprov) Jabar, dan APBD Ciamis.

Namun ia tak mengungkapkan berapa besaran anggaran yang dipersiapkan untuk pembangunan jalan ratusan kilometer tersebut.

“Sumber anggarannya dari DAK, Banprov, APBD. Meskipun dana dari APBD Ciamis sangat terbatas. Karena ada yang paling utama dalam penanganan pandemi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis kontur tanahnya sangat labil. Sehingga jalan mudah menjadi rusak, seperti sering adanya gerakan tanah.

“Ada beberapa wilayah di Ciamis yang mempunyai kontur tanah labil. Atau adanya gerakan tanah. Itu yang harus kita antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi berulang, ” pungkas Andang (GaluhID/Rizal)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan