Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Pemkab Ciamis Sosialisasikan Desa Bersih Sampah

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintahan Kabupaten Ciamis melalui Dinas PRKPLH mensosialisasikan Desa Bersih Sampah di Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, Rabu, (17/3/2021).

Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar didampingi Kabid Kebersihan dan Pertamanan Giyatno menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman pada masyarakat.

Terutama pemahaman tentang pengelolaan sampah melalui pembentukan bank sampah unit dan juga bank sampah induk. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh desa se-Kecamatan Rancah.

Melalui kegiatan ini, harapannya masyarakat bisa mengelola sampah mulai pilah sampah dari rumah. Nabung sampah di bank sampah unit dan pengelolaan bank sampah induk di tingkat kecamatan.

“Lingkungan yang sehat, bersih dan bernilai, apalagi saat pandemi ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan,” tuturnya.

Bank Sampah Al Huda Dapat Bantuan

Taufik juga membenarkan Bank Sampah Al Huda Desa Situmandala Kecamatan Rancah mendapatkan bantuan dari PT Jamkrindo.

Bantuan tersebut berupa dana sebesar Rp. 35, 6 juta. PT Jamkrindo melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) memberikan dana tersebut untuk pembelian alat kebersihan tersebut.

“Alhamdulillah dengan bantuan tersebut semoga Bank Al Huda bisa lebih berkembang dan semoga bisa menginspirasi bank sampah lainnya,” paparnya.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis bertempat di Dusun Tarikot Desa Situmandala Kecamatan Rancah pada Selasa (16/3/2021).

Kepala Desa Situmandala Dadang Ruskanda beserta jajaran pengurus Bank Sampah Al Huda menyaksikan pemberian bantuan tersebut.

Taufik berharap adanya bantuan alat angkut sampah dari PT Jamkrindo ini pun dapat berdampak positif bagi warga masyarakat setempat.

“Menciptakan Desa Situmandala sebagai pengelolaan sampah yang baik sehingga senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya,” katanya.

Manfaatnya dapat terhindar dari banjir akibat tumpukan sampah. Karena dengan lingkungan yang bersih, kesehatan masyarakat pun meningkat.

“Jika kita jaga alam, alam pun akan jaga kita,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya