oleh

Di Tasikmalaya, Komplotan Emak-emak Curi Toko Mas Terekam CCTV

 
 

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Aksi pencurian komplotan emak-emak di Toko Mas jalan Cicariang, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, terekam CCTV dan sempat viral di media sosial, Selasa (14/1/2020).

Modus aksi pencurian ini terbilang cara lama yakni para pelaku yang berjumlah 3 orang ini datang ke toko mas dengan berpura-pura membeli.

Namun itu merupakan cara mengelabui pelayan toko mas. Tak sadar aksi mereka secara detail terekam kamera CCTV.

Penurian Toko Mas di Tasikmalaya ini Sudah Ditangani Polsek Kawalu

Kini kasus pencurian tersebut ditangani Polsek Kawalu, Polres Tasikmalaya Kota. Dari hasil rekaman tampak tiga orang ibu datang dan berpura-pura membeli emas.

Mereka memilih-milih berbagai model emas yang diduga untuk mengelabui dan menunggu pelayan lengah.

Lantas ketika pelayan lengah dan dibuat sibuk oleh pelaku, salah seorang pelaku lainnya mengantongi emas jenis gelang.

Setelah berhasil melancarkan aksinya, maka ketiga pelaku berlalu pergi satu persatu dan tidak jadi membeli emas.

Seni salah satu pelayan toko mengatakan mereka (pencuri) datang satu-satu pura-pura nanya harga serta model emas. Bahkan pelaku mencoba emas setiap modelnya.

Ditambahkan dia, ketiga pelaku merupakan perempuan setengah baya, berusia sekitar 40 sampai 50 tahunan. Mereka berpura-pura akan membeli emas, melihat-lihat dan mencoba berbagai jenis emas.

Rupanya itu hanya untuk mengelabui saja, karena disaat memilih-milih itu mereka mengantongi salah satu emas berupa gelang.

Para pelaku selalu mencari alasan, emasnya kebesaran lah, kekecilan lah dan lainnya. Selanjutnya, minta ditukar dengan ukuran yang pas dan model yang cocok.

Kemudian emas itu dipindah-pindah ke pelaku lainnya yang mengaku ingin melihat gelang emas tersebut. Begitu seterusnya sambil tetap melihat model lainnya nunjuk sana nunjuk sini.

Aksi Pencuriannya Terekam CCTV

Namun pada akhirnya ketiga pelaku menyatakan tidak jadi membeli dan pergi meski tidak berbarengan.

Di situ pelayan toko mas baru menyadari jika satu gelang mas seberat 29 gram dengan harga Rp 8,7 juta tidak ada. Itu pun diketahui setelah para pelaku sudah tidak terlihat.

Dikatakan Seni, dirinya maupun pelayan toko lain tidak mengenal ketiga pelaku. Terlebih dirinya tidak begitu memperhatikan karena temannya juga sedang melayani pembeli. Saat pelaku beraksi, situasi toko tidak begitu rame.

Sadar telah kecurian setelah membuka rekaman CCTV, mereka menyerahkan rekaman tersebut ke kepolisian.

Sementara itu, Kapolsek Kawalu, Kompol Lasimin membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya kini telah menerima laporan dari pemilik toko yang mengaku telah kecurian gelang emas seberat 29 gram.

Dari rekaman CCTV kata Kaplsek, Terlihat ada tiga orang wanita dari ketiga wanita tersebut, salah satunya membawa anak yang diduga melakukan pencurian emas. Yang dua wanitanya lagi berperan mengalihkan perhatian pelayan toko.

Pihaknya juga telah memintai keterangan dari para saksi. Dari barang bukti berupa rekaman CCTV dan keterangan saksi saksi kini pihaknya akan melakukan penyelidikan dan mengejar pelakunya, ungkapnya. (GaluhID/Arfan)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA