Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Perayaan Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Dijaga Personel Polres Ciamis dan TNI

Ciamis, galuh.id – Perayaan Imlek di Klenteng satu-satunya yang ada di Ciamis, Banjar dan Pangandaran akan dijaga gabungan personel dari Polres Ciamis dan TNI Kodim 0613 Ciamis. Klenteng yang dikenal dengan nama Klenteng Hok Tek Bio ini merupakan tempat ibadah bagi umat konghucu di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

“Pengamanan tahun baru imlek dilaksanakan di Klenteng, di wilayah Ciamis-Pangandaran hanya ada 1 tempat ibadah. Kami siagakan anggota dari Polres Ciamis dan Kodim 061Ciamis, sama-sama melakukan pengamanan ibadah tersebut,” kata Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso pada Senin (4/2/2019).

AKBP Bismo menerangkan, akan ada 50 personel gabungan TNI dan Polri yang akan bergiliran menjaga klenteng Hok Tek Bio pada sore hari, selama 4 hari ke depan.

“Tujuan pengamanan ini untuk memberi rasa aman kepada warga Ciamis yang melaksanakan ibadah di klenteng, saat malam pergantian tahun baru imlek,” kata AKBP Bismo.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada malam pergantian tahun, Klenteng Hok Tek Bio akan didatangi ratusan umat konghucu dan warga keturunan tionghoa, bukan hanya dari Ciamis, tetapi juga datang dari Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran. Mereka melaksanakan sembahyang dan do’a bersama di kelenteng tersebut. Biasanya, kegiatan dalam rangka Imlek dilaksanakan di Klenteng Hok Tek Bio sampai 4 hari ke depan.

Penjaga Klenteng Hok Tek Bio Ciamis, Pi Cin mengatakan menjelang pergantian malam tahun baru Imlek, ratusan warga keturunan tionghoa dan umat konghucu setiap tahun memenuhi klenteng untuk doa bersama.

“Biasa datang mulai sore sampai malam, acara puncaknya tengah malam sembahyang doa kepada leluhur. Kalau hujan biasanya sedikit yang datang. Sembahyang dilaksanakan saat hujan reda,” terang Pi Cin alias Ecin yang saat ditemui di Klenteng terlihat sedang melakukan persiapan.

Harapan Pi Cin pada tahun baru ini adalah Indonesia tetap rukun, aman dan damai. Semua agama umumnya bagus, kata Pi Cin, karena semuanya mengajarkan kebaikan. Tetapi, yang paling penting orang-orangnya harus rukun supaya rakyat negara ini sejahtera.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.