Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

Perbaikan Saluran Cikunten Tasikmalaya Sisakan Masalah

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Meski telah selesai dikerjakan, proyek pekerjaan normalisasi Sungai Cikunten di Tasikmalaya beberapa pekan lalu masih menyisakan persoalan.

Seperti bagi warga masyarakat di Kampung Cijeruk, Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna yang terdampak rusaknya jalan di lingkungan mereka.

Kondisi saluran got juga jebol akibat sering dilalui alat berat berupa bachoe dan kendaraan pengangkut material hasil kerukan.

Beberapa sawah milik petani juga mengalami kerusakan. Akibatnya, beberapa petani mengalami kerugian tidak sedikit.

Seperti yang terjadi di blok 6 Cikunten. Sekitar 270 bata sawah milik warga Kampung Cijeruk mengalami gagal panen.

Hal itu akibat padi yang siap panen malah terendam air. Situasi itu belum juga surut sejak bulan Desember 2019 hingga saat ini.

Batu Brangkal Jadi Penyebabnya

Mahmud Diana Ketua RW 04B Cijeruk, Cintaraja  mengatakan Jalur selokan terbendung oleh material tanah dan batu brangkal dari sungai Cikunten. Diakibatkan dari kerukan yang dibuang sembarangan oleh para petugas proyek.

“Batu Brangkal yang dibuang ke saluran, itu yang membuat saluran air terseumbat,” ujar Mahmud, Minggu (12/1/2020).

Ditambahkan dia, beberapa kali pihaknya menemui petugas pelaksana pekerjaan proyek Cikunten dan melaporkan kerusakan jalan dan got.

Begitu pula genangan air ke area persawahan yang sudah mendekati waktu panen. Laporan tersebut dibuktikan dengan foto-foto fakta di lapangan.

Hingga saat ini, kata Mahmud belum ada tindak lanjut dari pihak penanggung jawab proyek Cikunten. Jalan dan got rusak tetap dibiarkan termasuk aliran selokan yang tertutul material tanah dan batu.

Warga terpaksa secara swadaya memperbaiki jalan yang rusak serta aliran selokan yang tersendat dengan cara mengevakuasi material tanah dan brangkal ke tempat lain. Namun kemampuan warga sangat terbatas sehingga proses perbaikan tidak maksimal.

Dia berharap pihak pengelola Cikunten agar segera turun ke lapangan dan memperbaiki kerusakan jalan.

Sebab jalanan tersebut notabene jalan hidup, serta akses vital bagi warga menuju kota dan fasilitas publik, seperti sekolah, pasar dan Puskesmas atau rumah sakit.

Ia berharap segera perbaiki selokan dan ganti rugi bagi warga Cikunten Tasikmalaya yang sawahnya terendam air. Sudah beberapa kali disampaikan tetapi tidak ada tanggapan. (GaluhID/Revan)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Minim Fasilitas, SDN 1 Pasawahan Ukir Prestasi di Pentas PAI Kecamatan Banjaranyar

CIAMIS- Perasaan senang menyelimuti keluarga besar SD Negeri 1 Pasawahan. Nur Amalia, siswi yang berparas cantik ini  mengukir prestasi yang membanggakan. Nur, sapaan kecilnya...

Peserta Kartu Pra Kerja Belum Dapat Insentif, Ini Penyebabnya

Berita Nasional, galuh.id - Pencairan insentif bagi peserta yang lolos program kartu Pra Kerja, terhambat. Sebagian besar peserta yang lolos pada gelombang...

Jadwal Liga 2 Jumat (28/9): LIVE TVOne, Cilegon United vs Blitar Bandung United

Info Liga 2, galuh.id - Pertandingan Cilegon United vs Blitar Bandung United dalam gelaran Liga 2 2019 pekan ke-19 dihelat Jumat (28)9/2019)...

Pelatih Persib Ingatkan Agar Pemain dan Staf Tetap Waspada di Masa Pandemi Covid-19

Berita Persib, galuh.id - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengingatkan pemain dan staf tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi.

Yuk Ngaji! Da’i Internasional Akan Mengisi Tablig Akbar di Baregbeg-Ciamis

Acara pengajian rutin bulanan yang diadakan Yayasan Muhammad Danu Fatahillah sedikit berbeda dari pengajian rutin yang biasa diadakan sebelumnya. Kali ini panitia mengundang KH....